VOKASI UNAIR

Kesempatan Emas Bisa Magang di Perpustakaan SD Al-Muttaqien

Kesempatan emas magang di Perpustakaan SD Al-Muttaqien/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – Kesempatan emas bagi mahasiswa saat memiliki kesempatan magang di Perpustakaan Sekolah Dasar Al-Muttaqien.

Pemenuhan syarat untuk mendapatkan gelar Ahli Madya di Fakultas Vokasi Universitas Airlangga salah satunya yaitu melaksanakan kegiatan magang. Kegiatan magang merupakan bentuk implementasi ilmu yang telah didapat selama masa kuliah yang dapat menjadi bekal sebelum terjun ke dunia kerja. Seperti pada program studi Perpustakaan mewajibkan mahasiswa untuk melaksanakan kegiatan magang pada periode Januari – Maret 2023. Salah satu tempat tujuan magang Prodi Perpustakaan ialah SD Al-Muttaqien. Mahasiswa dengan nama Putri Alsyahranti Ramadhani memperoleh ‘tiket’ untuk magang di Perpustakaan Al-Muttaqien.

BACA JUGA: HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Lanjutan Program GALAKSI, Gerakan Pengolahan Kompos di Desa Karangdiyeng

Selama pelaksanaan magang di perpustakaan tersebut, Putri telah menyusun beberapa program yang akan dilakukan selama magang berlangsung. Salah satunya yaitu melakukan stock opname. Proses stock opname masih dilakukan secara Ms. Excel karena perangkat yang tersedia di perpustakaan tersebut belum memadai untuk menginstal aplikasi pendukung.

Selain itu, Putri juga melakukan penglasifikasian koleksi karena banyak ditemukan buku yang tidak tepat sasaran pembaca, seperti buku bersubjek psikologi, ekonomi, filsafat yang mana tidak tergolong pendukung pembelajaran di sekolah dasar. Setelah melakukan klasifikasi, mahasiswi tersebut melakukan shelving ulang agar buku buku terlihat lebih rapi dan jelas sesuai dengan subjeknya.

Pihak sekolah juga memberlakukan adanya mata pelajaran perpustakaan setiap satu minggu sekali. Hal ini berguna selain untuk meningkatkan minat baca siswa, juga sebagai literasi informasi, seperti belajar mendongeng, membuat cerita, dan games edukasi lainnya. Itulah sekelumit kisah pengalaman Putri yang mendapat kesempatan emas magang di perpustakaan sekolah.

***

Penulis             : Putri Alsyahranti Ramadhani

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!