VOKASI UNAIR

Bercengkrama dengan ‘Hewan’ di PT. Benz Cahaya Suprana ala Mahasiswa Prodi Paramedik Veteriner UNAIR

KEGIATAN PKL PARAVET DI PT. BENZ CAHAYA SUPRANA/dokumen istimewa

VOKASI NEWS – PT. Benz Cahaya Suprana menjadi lokasi PKL bagi Mahasiswa Prodi Paramedik Veteriner Universitas Airlangga.

Praktek Kerja Lapangan (PKL) merupakan salah satu dari kegiatan akademik yang dilakukan sebagai wujud dari aplikasi antara sikap, keterampilan, dan kemampuan. PKL menjadi hal yang wajib bagi mahasiswa, salah satunya bagi Mahasiswa Prodi Paramedik Veteriner UNAIR Kelompok 9. Adapun kelompok 9 ditugaskan untuk praktek kerja lapangan di PT. Benz Cahaya Suprana. Perusahaan unggas komersial itu terletak di Dusun Wonosari Desa Batur Kecamatan Getasan Kabupaten Semarang.

Sekilas Tentang PT. Benz Cahaya Suprana

PT. Benz Cahaya Suprana merupakan peternakan ayam komersial dengan strain Hy-Line Brown dengan ciri bulu berwarna coklat dan produksi tinggi. Mempunyai skala 41.060 ekor dan jumlah produksi telur sebanyak 2.08 kg atau 33.324 butir. PT. Benz Cahaya Suprana memiliki 14 kandang open house, 1 gudang telur, 1 gudang pakan dan alat transportasi sebanyak 3 truk. Biosecurity di perusahaan unggas tersebut telah menerapkan 3 zona, yakni zona merah, zona kuning dan zona hijau.

Pengalaman Berharga Bagi Mahasiswa

Selama 3 minggu PKL, mahasiswa mengikuti beberapa kegiatan di lapangan seperti pemberian vaksin ND AI dan ND IB. Pemberian vaksin tersebut bertujuan untuk mencegah penyakit Newcastle Disease (ND), Infectious Bronchitis (IB), dan Avian Influenza (AI) pada unggas.

Selain melakukan vaksinasi, mahasiswa juga dilatih untuk aktif memberikan pakan ternak pada siang hari. Tidak hanya itu saja, mahasiswa pun diajak untuk melakukan penimbangan bobot ayam. Penimbangan itu dimaksudkan untuk memantau kondisi gizi dan kecukupan konsumsi ternak.

Pengalaman berharga didapatkan mahasiswa saat mereka diajak untuk menyebar racun tikus. Racun tersebut disebar pada bagian bawah kandang. Setiap lubang di bawah kandang diisi oleh dua biji obat racun tikus. Tak hanya itu, mahasiswa juga diajak untuk mengemas telur NHE dan OMEGA. Telur tersebut dipasarkan ke beberapa pasar.

BACA JUGA: Diagnosa Canggih pada Citra MRI Brain untuk Klasifikasi Tumor Otak Menggunakan Metode CNN

Pada dasarnya, tujuan PKL ialah untuk meningkatkan pengetahuan, keterampilan, pengalaman, dan wawasan mahasiswa. Terkhusus bagi Mahasiswa Prodi Paramedik Veteriner, diharapkan PKL dapat memberikan pengalaman berharga.

***

Penulis : Diva Maharani

Editor : Oky Sapto Mugi Saputro – Tim Branding Fakultas Vokasi UNAIR

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!