VOKASI UNAIR

Harmoni Keluarga: Talkshow Dharma Wanita Persatuan dengan Tema Wisata dan Ketahanan untuk Kesejahteraan Bersama

Harmoni Keluarga - Cavel Prasetya.

VOKASI NEWS – Kegiatan Talkshow Dharma Wanita Persatuan yang mengusung tema “Aktivitas Wisata dan Ketahanan Keluarga”.

Senin 4,  Maret 2024, Dharma Wanita Persatuan menggelar acara talkshow yang mengangkat tema unik, yakni “Aktivitas Wisata dan Ketahanan Keluarga”. Acara ini berlangsung di ruang rapat pimpinan  Fakultas Vokasi. Pada acara kali ini terdapat beberapa pembicara, untuk sesi pertama adalah Ibu Dr. Sri Endah Nurhidayati S.Sos., M.Si.

Dalam acara kali ini beliau menyampaikan beberapa tujuan utama yang diangkat dari tema tersebut, adapun beberapa tujuan, yakni:

  1. Memperkuat Hubungan Emosional
  2. Mengurangi Stres dan Kecemasan
  3. Peningkatan Kesehatan Fisik dan Mental
  4. Meningkatkan Keterlibatan Orang Tua-Anak
  5. Pembelajaran dan Peningkatan Diri

Dari kelima tujuan tersebut, tentunya terdapat faktor – faktor yang mempengaruhi keberhasilannya. Faktor-faktor dari ke lima tujuan di atas, adalah sebagai berikut:

Landasan untuk Kekuatan Keluarga

1.Hubungan Keluarga yang Kuat

Hubungan keluarga yang kuat menjadi pondasi utama bagi keberlangsungan sebuah keluarga. Ibu Dr. Sri Endah Nurhidayati menyoroti pentingnya komunikasi terbuka dan saling pengertian dalam membangun harmoni keluarga.

2. Kemampuan Menyelesaikan Konflik

Tidak bisa dipungkiri bahwa setiap keluarga pasti mengalami konflik. Namun, kemampuan untuk menyelesaikan konflik dengan bijak akan membentuk karakter keluarga yang tangguh.

3.Fleksibilitas dan Adaptabilitas Tinggi

Dalam konteks perjalanan wisata, fleksibilitas dan adaptabilitas menjadi kunci. Keluarga yang mampu beradaptasi dengan perubahan dan menemukan kebahagiaan di setiap momen akan memiliki pondasi yang kuat.

4. Dukungan Sosial Kuat

Dalam keluarga, dukungan sosial tidak hanya datang dari anggota keluarga, tetapi juga dari lingkungan sekitar. Aktivitas wisata dapat menjadi momen untuk memperluas jaringan dukungan sosial.

5. Keamanan dan Kesejahteraan Ekonomi

Pembahasan tentang keamanan dan kesejahteraan ekonomi mengingatkan kita bahwa keluarga yang stabil secara finansial akan lebih mampu menikmati aktivitas wisata dengan pikiran tenang.

6.Pemahaman dan Keterlibatan Orang Tua terhadap Perkembangan Anak

Talkshow ini menggaris bawahi peran orang tua dalam mendukung perkembangan anak-anak. Aktivitas wisata menjadi momen berharga untuk memperkuat keterlibatan ini.

7. Pengelolaan Stres Keluarga

Aktivitas wisata membawa dampak positif terhadap pengelolaan stres keluarga. Mengatasi stres dengan cara yang positif akan memberikan ruang untuk kebahagiaan keluarga.

8. Kesehatan Mental

Aspek kesehatan mental menjadi titik penekanan terakhir. Perjalanan wisata menjadi bentuk terapi yang efektif untuk menjaga kesehatan mental.

Adapun beberapa kegiatan atau aktivitas yang dapat membangun chemistry keluarga

  1. Piknik
  2. Staycation
  3. Aktivitas Luar Ruangan
  4. Wisata Petualangan
  5. Wisata Edukasi dan Heritage
  6. Wisata Desa/Desa Wisata/Agrowisata

Tips untuk Merencanakan Aktivitas Wisata Keluarga

1. Pilih Destinasi yang Cocok untuk Semua Anggota Keluarga

Memastikan destinasi wisata dapat memberikan kesenangan dan kepuasan untuk semua anggota keluarga adalah kunci utama dalam perencanaan.

2. Rencanakan Kegiatan yang Bersifat Kolaboratif

Kolaborasi dalam perencanaan aktivitas membangun rasa kepemilikan dan keterlibatan dari setiap anggota keluarga.

3.Sertakan Edukasi dalam Perjalanan

Memberikan dimensi edukasi dalam perjalanan akan membuat pengalaman wisata lebih bermakna. Menyelipkan pengetahuan lokal atau sejarah destinasi dapat menjadi pelajaran berharga bagi semua.

Talkshow Dharma Wanita Persatuan yang mengangkat tema aktivitas wisata dan ketahanan negara membuka wawasan mengenai pentingnya keluarga yang kuat dan kesehatan mental melalui perjalanan wisata. Penerapan faktor-faktor kunci dan jenis aktivitas wisata beserta tipsnya menjadi landasan bagi setiap keluarga untuk merencanakan liburan yang bermakna dan menguatkan hubungan. Semoga setiap keluarga dapat menemukan kebahagiaan melalui perjalanan wisata, membangun kenangan yang abadi, dan menghadirkan ketahanan positif dalam kehidupan sehari-hari.

BACA JUGA : Hubungan Semakin Erat, Vokasi Unair Sambut Kedatangan UiTM dan UMT Malaysia

Penulis : Cavel Yoga Prasetya

Editor : Maulidatus Solihah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!