VOKASI UNAIR

Pentingnya Fleksibilitas Dalam Kehidupan Sehari-hari

Pentingnya-Fleksibilitas-dalam-Kehidupan-Sehari-hari-Sekar-M.

VOKASI NEWS – Pentingnya Fleksibilitas tubuh yang sering kali tidak disadari, ternyata sangat penting dan sangat bermanfaat di kehidupan sehari-hari.

Fleksibilitas atau kelenturan merupakan salah satu faktor penting yang harus dimiliki oleh seseorang. Karena terkesan mudah, gerakan yang memerlukan fleksibilitas seringkali tidak dianggap penting. Faktanya, setelah diuji, tidak semua orang bisa melakukannya.

Apa Itu Fleksibilitas?

Fleksibilitas adalah kemampuan tubuh untuk meregang secara maksimal dan berkaitan erat dengan kemampuan untuk menggerakkan kelompok otot besar tanpa batasan dan tanpa rasa sakit, dan meningkatkan kinerja rentang gerak sendi. Fleksibilitas dikaitkan dengan peregangan yang baik dari unit otot-tendon.

Faktor yang Memengaruhi Fleksibilitas

Fleksibilitas dapat dipengaruhi oleh dua jenis faktor yaitu faktor internal dan eksternal. Untuk faktor internal yaitu sebagai berikut:

1.Usia

Semakin bertambahnya usia maka elastisitas pada jaringan ikat pada otot akan berkurang.

2. Jenis kelamin

Pada umumnya wanita memiliki fleksibilitas tubuh yang lebih baik daripada laki-laki

3.Berat badan

Semakin bertambahnya berat badan maka semakin berkurang nilai fleksibilitasnya, hal ini disebabkan karena adanya pembatasan gerak yang disebabkan oleh massa otot yang berlebih.

4.Anatomi tubuh

Luas pergerakan pada suatu sendi bersifat bervariasi antara jenis sendi dan setiap individu. Misalnya sendi tubuh bagian atas seperti bahu dan pinggul lebih fleksibel dibandingkan sendi tubuh bagian bawah seperti kaki. Dapat juga dilihat apabila individu memiliki kelainan seperti pemendekan otot yang dapat mempengaruhi nilai fleksibilitas.

Sedangkan untuk faktor eksternal yaitu terdapat suhu lingkungan, waktu, kemampuan individu untuk melakukan latihan, dan pembatasan pakaian atau peralatan yang digunakan.

Latihan Fleksibilitas

Fleksibilitas dapat dilatih dengan melakukan gerakan stretching atau peregangan secara rutin. Canada’s Physical Activity Guide menyarankan untuk melakukan latihan fleksibilitas setidaknya 4 kali seminggu dengan durasi 5 hingga 10 menit. Gerakan Latihan fleksibilitas yang dapat dilakukan:

  • Neck Stretch

    Pegang pundak kiri dengan tangan kanan lalu tekan kebawah, diikuti dengan memiringkan leher ke kanan dan tahan. Selanjutnya lakukan pada sisi yang lain.

    • Sideway Bend

    Berdiri dengan kedua lengan di samping badan, lalu turunkan salah satu pundak sejauh-jauhnya dan rasakan stretch pada pada salah satu hip.

    • Calf Stretch

    Letakkan kedua tangan di tembok dan kaki kanan berada di depan dengan posisi ditekuk sedangkan kaki kiri di belakang pastikan posisi kaki kiri lurus lalu tahan.

    • Knee to Chest

    Posisi tidur terlentang dengan kedua kaki ditekuk, pegang bagian atas lutut dengan kedua tangan lalu tarik kedua lutut ke arah dada dan tahan.

    Manfaat Memiliki Fleksibilitas Tubuh yang Baik

    Mengapa harus melatih fleksibilitas tubuh ? Fleksibilitas atau kelenturan harus dimiliki oleh setiap orang karena merupakan penunjang segala aktivitas yang dilakukan baik olahraga maupun kegiatan sehari-hari. Manfaat lain:

    1. Memperbaiki postur dengan menyeimbangkan ketegangan otot di seluruh tubuh.
    2. Meningkatkan elastisitas otot dan sendi.
    3. Mengurangi stres pada otot dan melepaskan ketegangan berolahraga.
    4. Mengurangi risiko cedera selama berolahraga dan kegiatan sehari-hari.

    Dengan melakukan latihan secara rutin maka flesibilitas dapat dirasakan manfaatnya oleh tubuh.

    BACA JUGA : Buat Bangga Vokasi, Abi Rafdy Buktikan Dapat Seimbangkan Ormawa dan Prestasi Akademik Melalui IISMAVO

    ***

    Penulis : Sekar Maharani

    Editor : Maulidatus Solihah

    Share Media Sosmed

    Pilihan Kategori

    Name Link
    Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
    Panduan Prosedur Peliputan
    Panduan Penulisan Artikel

    Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!