VOKASI UNAIR

Ramadhan Sehat dengan Herbal: Booster Iman Booster Imun

VOKASI NEWS – Bulan Ramadhan merupakan sarana untuk berlomba-lomba dalam menggapai kebaikan. Pada bulan yang penuh berkah ini Allah SWT melipatgandakan pahala bagi hamba-Nya yang melakukan ibadah dan amal shalih. Agar bisa melakukan ibadah dengan optimal, umat muslim perlu memiliki kesehatan yang prima. Umat muslim membutuhkan asupan nutrisi yang baik sebagai upaya mempertahankan imunitas tubuh di kala berpuasa.

Program studi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang bergerak di bidang kesehatan berinisiatif mengadakan kajian seputar herbal untuk memberikan informasi serta wawasan bagi masyarakat mengenai asupan apa saja yang baik dikonsumsi selama bulan puasa dalam rangka untuk menjaga imunitas tubuh. Dengan imunitas yang baik, masyarakat bisa meningkatkan keimanan dengan optimal.

Kajian yang mengangkat tema “Ramadhan Sehat dengan Herbal: Booster Iman Booster Imun” ini diadakan pada tanggal 25 April 2021 melalui platform zoom meeting. Kajian ini terdiri dari dua sesi. Sesi pertama mengangkat topik “The Miracles of Herbs in Islamic Perspective”, dibawakan oleh Ustadz Abdurrahman Dani yang merupakan seorang praktisi thibbun nabawi. Ustadz yang pernah menuntut ilmu di Yaman ini menjelaskan bahwa sebanyak apapun kita mengonsumsi obat, tetapi jika apa yang kita konsumsi bukanlah makanan yang baik untuk tubuh kita, maka kondisi sehat tidak akan kita dapatkan. Poin penting lain yang disampaikan oleh beliau adalah “thibbun nabawi adalah pengobatan yang bersumber dari apa yang dikatakan dan apa yang dilakukan oleh Nabi SAW. Jangan jadikan pengobatan thibbun nabawi sebagai pengobatan alternatif, tetapi jadikanlah sebagai pengobatan utama”.

Sesi kedua mengangkat topik “Increase Immunity with Indonesian Traditional Herbs During Ramadhan” yang dibawakan oleh AF Pandhu Hadiwinata, S. Tr. Kes. Alumni Pengobat Tradisional ini mengatakan, “Kita hendaknya meningkatkan kesadaran jiwa. Kalau lambung baik maka aliran makanan akan baik. Api abadi ada di tubuh yang bisa membantu untuk mengontrol kejiwaan atau emosi manusia. Kesehatan pencernaan sangat perlu diperhatikan untuk menjaga kesehatan emosional”. Dijelaskan pula bahwa dalam teori TCM, pencernaan adalah sumber utama atau garis utama dari kesehatan. Dalam kajian ini, Pandhu juga berbagi resep takjil untuk berbuka puasa dengan memperhatikan sifat-sifat dari setiap bahan untuk menjaga kesehatan tubuh.

 

HIMA DIII/DIV PENGOBAT TRADISIONAL

FAKULTAS VOKASI

UNIVERSITAS AIRLANGGA

2021

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!