VOKASI UNAIR

MRI ( Mentoring Radiolgy Intensive) Mentoring Radiology Intensive 2021 : GROW TO GLOW

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Program Studi DIV Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan webinar MRI (mentoring Radiology Intensive) pada Minggu (30/5/2021). MRI tersebut mengusung tema “GROW TO GLOW”. Webinar dilaksanakan secara online via Zoom dan live YouTube HIMARO UNAIR. Acara ini juga dihadiri oleh Dr.Tika Widiastuti. S.E.,M.Si selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Beliau menuturkan jika acara ini merupakan acara komplit karena memberikan topik yang sangat dibutuhkan  bagi mahasiswa untuk menambah ilmunya dalam mendapatkan beasiswa ke luar negeri ataupun magang ke luar negeri dan juga prospek kerja mahasiswa D4 TRP setelah lulus kuliah.

Webinar ini juga dihadiri oleh KPS Program Studi DIV Teknologi Radiologi Pencitraan Muhaimin, S., Tr., Kes, MT. Ia mendukung webinar dan berharap semua peserta, khusunya mahasiswa DIV Teknologi Radiologi Pencitraan, dapat berkreativitas tanpa terbelenggu dan menurunkan kreativitas kita sebagai generasi penerus bangsa. “ dengan adanya webinar ini diharapkan para mahasiswa dapat termotivasi dan mencontoh jejak pemateri yang sukses berkarir”. Tak kalah menariknya acara ini juga dihadiri oleh Kol. Laut Joko Kriswantoro, Amd, Rad, ST. M. MT selaku ketua ikatan alumni mahasiswa vokasi Universitas Airlangga yang juga merupakan alumni dari Radiologi Universitas Airlangga.

Mentoring Radiology Intensive  menghadirkan 3 pembicara yang sudah berpengalaman. Mentoring Radiology Intensive kali ini dihadiri sebanyak 92 peserta.

Pembicara pertama dalam webinar itu adalah Joshua Aji Nimpuna yang merupakan alumni Program Erasmus Studi S1 Fakultas Ekonomi dan Bisnis Universitas Airlangga sekaligus lulusan S1 Fakultas Ekonomi Sains Universitatea Blaga din Sibiu. Pada acara MRI ini beliau membawakan materi mengenai pembuatan study  motivation letter, dan juga menceritakan pengalaman beasiswa Erasmus. “Motivation letter itu bukanlah cv kita, tetapi kita lebih memfokuskan apa yang ingin kita sampaikan dalam meraih beasiswa tersebut”. Kemudian ia juga memberikan Tips dalam menulis motivation letter, “kita harus mengenali diri kita, selain itu, kita harus pandai dalam membagi waktu, kita juga harus tau program yang akan kita ikuti”, sambungnya.

Menurut pembicara kedua, Alifatus Wahyu Nur Ma’rifah yang merupakan alumni program studi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga. Ia membawakan materi mengenai Planning awal magang ke luar negeri, tips & trick magang ke luar negeri, motivasi untuk magang ke luar negeri, dan membagikan pengalamannya selama magang ke luar negeri. Persiapan yang harus kita punya untuk magang diluar negeri yaitu kita harus menguasai bahasa asing, dapat beradaptasi dengan keadaan negara tujuan kita. mempersiapkan biaya kebutuhan  hidup, membuat proposal magang, mempersiapkan LoA (Letter of Acceptance), proposal penelitian, dan motivation letter.

Pembicara ketiga yaitu Pak Ferry Indriasmoko yang juga merupakan alumni prodi Radiologi Universitas Airlangga. Dalam pemaparan meteri beliau, para mahasiswa diperkenalkan dengan dunia kerja yang ada di bidang radiologi. “Kenapa harus Radiologi? Karena peluang kerja disini sangat besar, dan pesaing di Radiologi ini sangat kecil. Tantangan dalam menjalani perkuliahan disini bukanlah dari masalah eksternal maupun masalah internal. Tetapi masalah terbesar yaitu ada dalaam diri kita sendiri. Kita harus melakukannya sepenuh hati agar pekerjaan yang kita lakukan mendapatkan hasil yang maksimal” tutur pak Ferry. Setelah lulus dari perkuliahan kita tidak hanya bekerja di rumah sakit saja tetapi banyak bidang pekerjaan lain. Kita harus berani mencoba mengambil suatu tindakan sebagai langkah awal untuk melakukan perubahan dan keluar dari zona nyaman.

 

Diselenggarakan : Minggu, 30 Mei 2021

Penulis : Ageng Rizki A.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!