VOKASI UNAIR

VOTDEC 2021 : Membangun Kelas Menengah Demi Kebebasan Berpendapat

VOKASI NEWS – VOTDEC (Vocational Debate and Essay Competition) kembali lagi dilaksanakan di tahun 2021. Acara tahunan ini selalu diminati banyak sekali kalangan muda dari berbagai penjuru di Indonesia. Dengan tahun ini yang mengusung tema “Implementasi Kebebasan Berpendapat di Indonesia sebagai Negara Demokrasi”. Dimana ini merupakan serangkaian 3 acara yaitu lomba esai, lomba debat dan diakhiri dengan puncak acara yaitu webinar. Lomba Esai yang diikuti oleh 31 tim dengan maksimal anggota per tim 2 orang dari berbagai instansi yang ada di Indonesia, dan dimenangkan juara ketiga oleh Anggrainnie Ayu Rachmadevi dari instansi Universitas Brawijaya, juara kedua oleh I Kadek Putra Pratama dari instansi Universitas Udayana, serta juara pertama diraih oleh Addin Himawan Widiyono dari instansi Politeknik Ketenagakerjaan.

Kemudian disusul oleh lomba debat yang dilaksanakan pada hari Sabtu 22 mei 2021 kemarin secara online melalui zoom. Lomba ini diikuti oleh 16 tim dengan masing-masing tim yang berjumlah 3 orang, mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Diawali dengan sambutan Alifiah Wahyu selaku ketua pelaksana acara VOTDEC 2021, kemudian sambutan dari Muhammad Rifqi Athalla selaku Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan diakhiri dengan sambutan dari Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Para peserta debat selama acara berlangsung sangat antusias karena sistem yang digunakan pada lomba debat ini menggunakan sistem gugur sehingga semakin diakhir babak suasana semakin tegang dan para tim merasa terpacu untuk memenangkan perlombaan. Tim-tim yang mengikuti berasal dari berbagai instansi di Indonesia, ada yang dari Universitas Udayana, Universitas Sumatera Utara, Universitas Diponegoro, Universitas Brawijaya, Universitas Airlangga, serta masih banyak lagi instasi-instasi yang lainnya.

Lalu pada hari terakhir tepatnya di puncak acara, yang dilaksanakan pada hari Sabtu 29 Mei 2021 mulai pukul 09.00 pagi sampai pukul 12.00 siang. Webinar ini dihadiri sebanyak 100 peserta dari penjuru Indonesia dan diawali dengan sambutan Alifiah Wahyu selaku ketua pelaksana acara VOTDEC 2021, kemudian sambutan dari Muhammad Rifqi Athalla selaku Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan diakhiri dengan sambutan dari Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Acara selanjutnya pembacaan nominasi para pemenang. Untuk lomba debat Champion diraih oleh Tirto Adhi Soerjo yaitu tim dari Universitas Udayana, untuk Runner Up diraih oleh Lowkey yaitu tim dari Universitas Brawijaya, dan untuk Best Speaker diraih oleh Laras Safa Azhara dari tim Lowkey Universitas Brawijaya. Setelah itu acara dipandu oleh moderator dan dilanjutkan oleh pembicara Arie Putra. Tema yang beliau sampaikan yaitu “Implementasi Kebebasan Berpendapat di Indonesia sebagai Negara Demokrasi” bagaimana kita sebagai masyarakat bebas berpendapat, sehingga tantangan yang harus dijawab adalah yaitu membangun kelas menengah yang sadar akan tantangan politik. Mengapa perlu adanya kelas menengah yang sadar? Karena jika kelas menengah tidak sadar maka tidak control public terhadap kehidupan bersama. Selanjutnya Maleeha Skincare selaku pihak sponsor memberikan ucapan terima kasih atas kerjasama yang dijalin. Kemudian webinar diakhiri dengan pembacaan reward bagi pemenang.

Penulis : Riza Namira Dewi MZ, Deva Ayunita Rifayani

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!