VOKASI UNAIR

MAHASISWA TEKNIK GIGI UNAIR ADAKAN ABDI DESA VIII DITENGAH PANDEMI COVID-19 DENGAN MENERAPKAN PROTOKOL KESEHATAN

Vokasi News – Hima Teknik Gigi Universitas Airlangga berhasil menjalankan program kerja unggulannya, Abdi desa VIII. Acara yang dilaksanakan pada hari Sabtu, 26 Juni 2021 berjalan lancar tanpa ada kendala yang berarti. Panitia dari Surabaya tiba di lokasi kegiatan, Desa Tamiajeng, Trawas, Mojokerto pukul 09.00 tepat, sesuai jadwal. Hanya saja ada 1 kegiatan untuk anak-anak yang dimajukan jadwalnya karena arahan dari pihak sekolah. Karena tempat dan hal lain sudah disiapkan, akhirnya panitia yang bertugas segera melaksanakan kegiatan tersebut.

Diawali dengan pembukaan dan penyuluhan kesehatan gigi, para warga pun tampak antusias dengan mencatat materi dan saling tanya jawab dengan pemateri yaitu KPS Terknik Gigi, Sri Redjeki Indiani, drg. M.Kes. Penyerahan plakat kepada kepala desa dilakukan setelah pemberian materi penyuluhan gigi. Bersamaan dengan kegiatan tersebut, panitia lain melakukan kegiatan kerajinan tangan untuk anak-anak kelas 3 SD.

Pada Abdi Desa tahun ini, Teknik Gigi mengundang delegasi yaitu dari prodi Paramedik Veterniner. Kegiatan dengan delegasi Paramedik Veteriner yaitu penyuluhan dan pemberian vitamin ternak. Para penjaga ternak antusias dengan kedatangan panitia dan saling bertanya mengenai kesehatan ternaknya. Begitu pula dengan acara pembagian masker dan pemasangan tempat cuci tangan.

Total keseluruhan panitia yang mengikuti kegiatan sebanyak 43 orang ditambah delegasi Paramedik Veteriner 4 orang. Panitia dibagi rata jobdesk nya pada setiap kegiatan supaya tidak ada panitia yang menganggur atau bergerombol.

“Mempertimbangkan kasus Covid yang melunjak drastis pada pekan terakhir ini, kami dari panitia sangat menerapkan protokol kesehatan secara ketat, mulai dari menggunakan masker dan faceshield, mengenakan sarung tangan lateks pada setiap kegiatan, dan meminimalisir kerumunan panitia” Ujar Alvina Odelia Nurfaizah, Ketua Pelaksana Abdi Desa VIII.

Walaupun ada 1 kegiatan yang waktunya dimajukan dan tidak sesuai rundown, semua kegiatan selesai dilakukan lebih cepat daripada perkiraan rundown. “Yang awalnya kami berniat melakukan evaluasi panitia di Surabaya, kami bisa rapat evaluasi di lokasi karena sisa waktu masih cukup banyak. Alhamdulillah acara lancar” ungkap Alvina di akhir wawancara.

 

Penulis : Alvina Odelia Nurfaizah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!