VOKASI UNAIR

BAFENG 2021 : Mengoptimalkan Peranan Pengobatan Tradisional Menuju Indonesia Emas 2045

VOKASI NEWS –

BAFENG (BATTRA Festival Essay and Creating Video), pertama kali diselenggarakan di tahun 2021 oleh prodi Pengobat Tradisional, Fakultas Vokasi dan merupakan acara perlombaan pertama yang diadakan oleh HIMA prodi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi. BAFENG 2021 dibagi menjadi 3 kategori lomba, yaitu lomba essay SMA/SMK sederajat, Lomba essay Mahasiswa aktif D3/D4/S1 dari Universitas PTS/PTN, serta Video kreatif. Untuk lomba essay beranggotakan 2 –3 orang dan lomba video kreatif beranggotakan individu atau kelompok (1 – 8 orang). Lomba BAFENG diikuti 210 peserta, yaitu  oleh 85 Peserta team lomba essai SMA/SMK sederajat, 86 Peserta team lomba essai Mahasiswa, dan 39 Peserta team lomba video kreatif.

Hari ini diadakannya Acara Final, presentasi dan penilaian oleh juri dilaksanakan pada 21 Agustus 2021 secara online melalui zoom, diikuti oleh 5 peserta (team) lomba essai SMA/SMK sederajat, 5 peserta lomba essai (team), dan 5 peserta (team) lomba video kreatif. Dimulai pukul 08.30 – 12.00 siang. Acara diawali dengan sambutan dari Samy Bazher selaku ketua pelaksana acara BAFENG 2021, kemudian sambutan dari Bunga Azka Salsabila Afandi selaku Ketua HIMAD3/D4 Pengobat Tradisional, dilanjutkan sambutan dari Ibu Dwi Setiani Sumardiko, S.Kep., Ns., M.Si selaku Dosen Pembina HIMA D3/D4.  Selanjutnya Acara dibuka secara resmi oleh Dekan Fakultas Vokasi, yaitu Bapak Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes. pada pukul 09.02 WIB Universitas Airlangga. Dilanjutkan sambutan  dari Ibu Maya Septriana, S.Si., Apt., M.Si. selaku Koordinator Program Studi D4 Pengobat Tradisional.

Adapun ketentuan presentasi lomba essai peserta diberikan waktu 10 menit untuk melakukan presentasi dan 5 menit untuk tanya jawab. Penilaian  essai dinilai berdasarkan aspek penyajian presentasi, tanya jawab dan kekompakan tim. Penilaian pada lomba video kreatif dinilai berdasarkan aspek segi teknis, segi isi, serta kekompakan tim.

Pada kategori perlombaan esai tingkat SMA/SMK/Sederajat, dan tingkat Mahasiswa para peserta mengusung judul yang sangat beragam dengan ide dan gagasan yang sangat kreatif dan inovatif. Selain itu mereka juga menggunakan beberapa bahan lokal khas daerah dari peserta tersebut berasal. Serta mampu mengembangkan pengobatan tradisional dalam berbagai bidang seperti saintek. Perlombaan video kreatif ntuk tim masing-masing video kreatif patut untuk diacungi jempol karena usaha mereka di masa pandemi ini yang dapat bekerjasama untuk menampilkan video yang bermanfaat, menarik, serta kreatif dimasa yang serba online seperti ini.

Diakhir acara para hadirin menikmati tayangan video kreatif dari masing-masing tim, serta diberikan komentar oleh para juri. Dan penutupan acara

 

 

Penulis : Ai Rini Maruli, Kinanti Salsabila Utami, dan Firda Ifa Lestia

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!