VOKASI UNAIR

RAPID (Radiologi Peduli Donor Darah) 2021

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan webinar RAPID (Radiologi Peduli Donor Darah) 2021 yang merupakan program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat yang diadakan untuk menumbuhkan rasa kepedulian sosial dengan berdonor darah. Di masa pandemi seperti sekarang RAPID diadakan secara daring dengan beberapa acara.

Acara pertama yakni, Webinar dengan tema “Donor Darah di Masa Pandemi” yang dilaksanakan pada hari Minggu (13/06/2021) melalui zoom meeting dengan moderator Berliana Fitria Putri yang merupakan mahasiswi aktif Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Webinar ini juga dihadiri oleh Wakil Dekan 1 Fakultas Vokasi Universitas Airlangga Dr. Tika Widiastuti, SE., M.Si, dan Koordinator Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Muhaimin, S.Tr., Kes, M.T., demi mendukung kelancaran jalannya webinar. Pemberian materi mengenai donor darah ini disampaikan oleh dr. Galuh Yudhityas Paramita selaku Kepala Seksi Pengujian Mutu, Kalibrasi, dan K3 UTD PMI Surabaya, selain itu juga merupakan alumni S1 Pendidikan Dokter Fakultas Kedokteran Universitas Airlangga.

Pada acara RAPID ini dr. Galuh yudhityas paramita selaku pemateri menyampaikan bahwa donor darah sangat bermanfaat bagi tubuh kita dan bagi orang lain, selain itu pada masa pandemi seperti sekarang diperlukan pendonor plasma konvalesen karena terapi plasma konvalesen merupakan salah satu terapi untuk pasien COVID-19 yang masih dalam perawatan dengan cara memberikan plasma dari pendonor penyintas COVID-19. Kita juga tidak perlu ragu untuk donor darah karena saat ini di UTD PMI ataupun di tempat donor darah lainnya sudah menerapkan protokol kesehatan untuk mencegah penyebaran covid-19, maka dari itu jangan takut untuk donor darah. Semoga dengan pemaparan materi yang telah diberikan dapat memberi pemahaman tentang pentingnya donor darah di masa pandemi serta diharapkan kita semua dapat menumbuhkan rasa kepedulian sosial dengan berdonor darah.

Selanjutnya acara  yang kedua  yaitu pemberian apresiasi kepada pendonor sesuai dengan syarat dan ketentuan yang berlaku (periode Juli-Oktober 2021). Apresiasi yang diberikan berupa e-money dan pemenang akan diumumkan di instagram @_rapid2021 dengan 3 batch yaitu : Batch 1 pada 13 Juli-12 Agustus 2021, Batch 2 pada 13 Agustus-12 September 2021 dan Batch 3 pada 13 September-12 Oktober 2021. Akan diambil 10 pemenang disetiap batch dengan ketentuan mengisi persyaratan dengan benar dan mengikuti quiz dengan jawaban yang menarik.

Adapun manfaat yang didapat dengan mengikuti kegiatan RAPID ini, yaitu mendapat pengetahuan tentang donor darah, memahami pentingnya donor darah di masa pandemi serta mendapatkan doorprize menarik bagi yang beruntung.

 

Radiologi Peduli Donor Darah 2021 : “Understand the Importance of Blood Donor and its Implementation System During the Covid-19 Pandemic”

Diselenggarakan : Minggu, 13 Juni 2021

Penulis : Dita Ruspitasari

 

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!