VOKASI UNAIR

Peran Pajak dalam Mencapai Tujuan Bangsa Indonesia

Pemaparan materi webinar “Peran Pajak dalam Mencapai Tujuan Bangsa Indonesia” oleh Narasumber Ibu Inge Rismawanti.

VOKASI NEWS – Pajak berperan penting bagi negara untuk membiayai anggaran belanja negara dalam pembangunan di berbagai sektor “Untuk mencapai tujuan negara  itu  diperlukan biaya yang cukup besar, biaya tersebut didapatkan dari penerimaan APBN salah satunya pada bidang perpajakan. Pajak ialah instrumen fiskal dalam sumber APBN  yang terbesar yakni mencapai 82%”, ujar Kepala Subdirektorat Penyuluhan Perpajakan, Direktorat Penyuluhan Pelayanan dan Hubungan Masyarakat Ibu Inge Diana Rismawanti, SE Ak, MFM, PhD

Pertumbuhan Pajak dari tahun 2016 – 2019 naik rata-rata 6,4% per tahun kemudian pada tahun 2020 terjadi penurunan sebesar 9,2% karena adanya pandemi covid-19. Dan pada 2021 APBN ditargetkan naik 2,9% yakni sebesar Rp. 1.743,6 triliun dengan rincian 82,8% diperoleh dari perpajakan, 17,1% dari Penerimaan Negara Bukan Pajak, dan 0,9 % dari Hibah. Anggaran terbesar negara di alokasikan pada bidang pendidikan dan infrastruktur.

Fungsi pajak ada 4 yaitu fungsi budgeter, regulared, stabilitas, dan redistribusi. sebagai contoh fungsi budgeter pada masa pandemi pemereintah menggelontarakan anggaran untuk membiayai alat-alat kesehatan pengadaan vaksin sebesar 58 triliun, dan perawatan pasien covid-19.

Di masa pandemi covid-19, pemerintah memperluas intensif pajak untuk mengantisipasi penurunan ekonomi diantaranya yakni PPh pasal 21 ditanggung pemerintah (DTP), PPH final DTP pada sektor padat karya tertentu, pengurangan angsuran PPh pasal 25, PPh final UMKM diranggung pemerintah, Pembebasan dan pemungutan PPh pasal 23 impor, dan Pengembalian pendahuluan PPN.

Dibalik giatnya pemerintah untuk menggelontarkan intensif pajak bagi masyarakat namun ada saja yang hanya ingin menikmati distribusi pajak namun tidak mau berkontribusi dalam membayar pajak, orang-orang tersebut disebut dengan istilah free rider.

Pada penghujungan acara webinar, Pembina Tax Center UNAIR Bapak Yanuar Nugroho juga turut andil menjelaskan 4 point tujuan bangsa Indonesia yang dikutip dari pembukaann UUD 1945 serta peran pajak dalam pembangunan bangsa.

Bagaimana sahabat pajak? ingin bergabung dengan kami? nantikan kegiatan TAX CENTER UNAIR dilain kesempatan ya sahabat pajak!

Sumber : https://taxcenter.vokasi.unair.ac.id/2021/08/30/peran-pajak-dalam-mencapai-tujuan-bangsa-indonesia/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!