VOKASI UNAIR

Learn Sponsorship 2.0, memperluas inovasi serta mendapat tips and tricks sponsorship di masa pandemi before Deal Our Partnership

 VOKASI NEWS – Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kemitraan BEM FV Universitas Airlangga menjalankan program kerja sebagai kementrian yang aktif dan kreatif dengan menyelenggarakan Webinar dan Pelatihan Learn Sponsorship 2.0 pada hari Sabtu (21/08/2021). Acara ini merupakan Acara lanjutan dari Learn Sponsorship 1.0 yang memberikan berbagai macam ilmu dari pembicara baru lainnya yang akan lebih menarik dalam membahas sponsorship di era pandemi. Learn Sponsorship 2.0 mengangkat Tema “Expanding Our Innovative Knowledge to Deal Our Partnership” dengan mengangkat tema ini membuktikan Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kemitraan BEM- FV terhadap generasi muda yang akan terjun langsung dalam suatu organisasi atau komunitas yang memerlukan ilmu sponsorship. Mengingat pandemi belum selesai dan setiap program kerja selalu ingin mendapatkan beberapa sponsorship untuk menunjang dan memeriahkan ditiap kegiatan. Ini dilaksanakan secara online dengan media zoom dan Kegiatan Learn Sponsorship ini terdapat kurang lebih 100 partisipan dari berbagai kalangan dan berbagai universitas yang ada di Indonesia.

Webinar dan Pelatihan ini tentunya sangat didukung oleh Presiden BEM FV yaitu saudara M.Rifqi Athallah beserta Bapak/Ibu Dekan dan  Dosen Fakultas Vokasi. hal tersebut terlihat pada sambutan ketua BEM FV yang menyatakan bahwa pentingnya pencarian sponsor baik di era pandemi maupun non-pandemi. Karena semua kegiatan tidak terlepas dengan pengajuan sponsor untuk mendukung berjalannya event dengan harapan tema yang diusung teman-teman panitia dapat tersampaikan pada peserta dengan baik sehingga dapat mengimplementasikan dalam pencarian sponsor dalam setiap kegiatan atau event. Kegiatan ini tentunya mendapat dari dukungan penuh Bapak/Ibu dosen Fakultas Vokasi yang disampaikan langsung oleh Dekan FV yaitu beliau prof.Anwar Ma’ruf yang bangga akan inovasi dari kegiatan FV yang selalu aktif mengembangkan kegiatan sehingga FV menjadi fakultas yang aktif meskipun diera pandemi yang belum selesai.

Learn Sponsorship 2.0 menghadirkan pembicara yang luar biasa yaitu Cristian Sabilal Pusung yang akrab disapa Mr.Abie yang merupakan Founder dan CEO of Brilliant Indonesia Group beliau telah banyak berprestasi dalam bidangnya. Mr. Abie  memberikan pengetahuan mengenai konsep creator yang menarik, presentasi yang baik, dan cara yang dapat menarik calon sponsor agar mendapat dana dari perusahaan yang menjadi target pendanaan dalam kegiatan atau event. Beliau berpesan bahwa hal yang terpenting dalam pengajuan sponsor yaitu mencapai target perusahaan yang sesuai dengan event yang akan dilaksanakan. Dalam pelatihan kali ini terdapat juga bagaiaman kita presentasi kepada calon pendanaan agar mendapat goal yang diharapkan, yaitu dengan menyebutkan event yang sesuai dengan bidangnya, menyebutkan target peserta dari event kita dan menjelaskan secara jelas feedback bagi calon pemberi sponsor agar calon sponsor tertarik memberikan dana. Sehingga dari penjelasan mr abie kita peserta mengetahui hal yang penting dalam pencarian sponsor.

Mr. Abie juga menjelaskan Tips presentasi yang baik dan benar yaitu memilih panitia sponsorship yang memiliki kemampuan berbicara yang baik logis bernilai jual yang tinggi sehingga perusahaan calon sponsor yakin dalam pemberian dana, yang kedua pemberi presentasi benar-benar mengerti konsep acara dan feedback yang menguntungkan calon pemberi dana, dan yang paling penting bahan presentasi dapat menarik calon sponsor. Sehingga dari beberapa tips tersebut tahap presentasi sebelum persetujuan sponsorship berjalan sesuai harapan. Setelah Mr.Abie menyampaikan materi moderator mengarahkan audiens untuk melakukan sesi tanya jawab sehingga para peserta dapat dengan langsung mendapat ilmu dan berinteraksi dengan beliau. Dan puncak yang paling ditunggu dalam acara ini adanya sesi konsultasi dan evaluasi proposal sponsorship yang telah disediakan panitia sebagai contoh untuk dikonsultasikan kepada pemateri yang telah ahli dalam bidang sponsorship. Dari sesi terakhir ini peserta dapat ilmu yang sangat bermanfaat dalam penyusunan proposal yang akan mengantarkan peserta mendapat bekal lebih dalam penyusunan proposal sponsorship maupun cara menjalin pengajuan proposal sponsorship yang menarik para pendana.

 

Penulis : Prastyo Bagus Pamungkas | @prastyobagusp

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!