VOKASI UNAIR

Penyelenggaraan Donor Darah HIMA D-III Manajemen Perhotelan dengan PMI Surabaya

VOKASI NEWS – Kira-kira di masa pandemi ini pentingkah donor darah itu? Lalu apa saja keuntungan yang kita dapat setelah melakukan donor darah?. Pada saat pandemi ini berlangsung, sangatlah penting bagi kita untuk memberikan bantuan kepada yang lebih membutuhkan. Seperti halnya donor darah. Dengan mendonorkan darah, kita bisa menjaga kesehatan jantung, meningkatkan sel darah merah, mendeteksi penyakit serius dan masih banyak lagi keuntungan lainnya untuk diri sendiri maupun orang lain.

Kebutuhan darah selama pandemi sangat tinggi, sedangkan jumlah pendonor darah malah menurun drastis. Menyikapi hal ini, HIMA D3 Manajemen Perhotelan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bersama dengan PMI menyelenggarakan kegiatan Donor Darah. Kegiatan tersebut dilaksanakan pada Minggu (12/09) berlokasi di UTD PMI Surabaya.

Sebenarnya kegiatan tersebut agak sedikit terhambat. Awalnya direncanakan kegiatan ini terlaksana pada 7 agustus, tetapi malah mundur jadi 12 september dikarenakan adanya pembatasan PPKM. Meskipun begitu, kegiatan tersebut tetap berjalan lancar disaat hari H dari awal persiapan hingga selesai. Namun sangat disayangkan, reaksi masyarakat mengenai donor darah ini tergolong sedikit rendah karena sakarang sedang masa pandemi jadi motivasi untuk ikut donor darah juga semakin berkurang.

Mengenai hal itu, Anastasia Cynthia Dewi selaku ketua pelaksana menyampaikan sedikit pesan, “Karena donor darah sendiri memiliki banyak manfaat, Selain itu juga karena dimasa pandemi seperti ini sangat banyak masyarakat yang membutuhkan donor darah. Disini kita juga menerapkan prokes yang ketat selama kegiatan berlangsung. Jadi tidak perlu takut dan ragu untuk mendonorkan darah kalian.”

Sebagai wujud apresiasi, panitia sudah menyiapkan souvenir untuk diberikan kepada pendonor. Souvenir itu berupa gantungan kunci berlogo donor darah, skincare yang disponsori oleh wardah, dan mendapatkan konsumsi berupa roti dan air mineral.

Dan pastinya, panitia disana menerapkan protokol kesehatan yang sangat ketat. Sebelum masuk ke ruangan donor, peserta harus deteksi suhu, mencuci tangan dengan sabun maupun handsanitizer, dan harus menggunakan masker atau faceshield. Lokasi disana juga sudah disterilkan dengan disinfektan.

 

Penulis: Ghina Zhafirah

Surabaya, 18 September 2021

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!