VOKASI UNAIR

Experience of caregiver coping mechanisms when taking care of a schizophrenic patient

VOKASI NEWS – Penulis: Rindayati

Skizofrenia merupakan gangguan jiwa yang ditandai dengan perilaku tidak wajar. Perilaku ini dapat kita lihat pada pasien seperti bicara sendiri, malas aktifitas,  dan tidak mau interaksi. Perilaku skizofrenia ini menyumbang  13,4 juta per tahun hidup dengan kecacatan yang membebani secara global. Kerugian di Indonesia mencapai 30 persen sampai 40 persen untuk biaya setiap pasien karena ketidakproduktifan pasien. Caregiver skizofrenia mengalami beban diakibatkan harus menanggung biaya perawatan dan biaya kebutuhan sehari-hari pasien. Beban ini akan semakin berat ketika pasien sering mengalami kekambuhan.

Beban yang dialami caregiver apabila tidak dikelola secara baik dapat menjadikan stres, sehingga coping skill sangat penting bagi caregiver. Coping adalah suatu cara untuk menyelesaikan masalah, yang dalam penggunaannya ada yang positif dan negatif. Penggunaan coping skill secara negatif mengakibatkan caregiver mengalami stres, yang dapat mempengaruhi pada fisik maupun emosional individu. Apabila caregiver stres maka akan terekspresi emosinya ke wajah maupun perilaku yang akan dapat mempengaruhi pasien skizofrenia yang dirawat. Hasil penelitian yang telah dilakukan membuktikan bahwa ketidaknyaman pasien akibat perilaku caregiver dapat memicu kekambuhan yang berulang sampai 8 kali setahun. Kondisi demikian selanjutnya akan menjadi sebuah mata rantai yang terus saling terkait, menjadi sebuah masalah yang tidak terselesaikan.

Pentingnya pilihan coping skill positif bagi caregiver untuk mengelola masalah dalam merawat pasien skizofrenia agar menjadi baik. Koping skil positif akan berpengaruh terhadap pemecahan masalah dengan baik yang dapat berefek pada pemberian perawatan secara optimal. Bila perawatan diberikan kepada pasien dapat dilakukan dengan baik, maka akan mencegah terjadinya kekambuhan berulang. Sehingga beban caregiver menjadi berkurang dan pasien ada harapan untuk mengalami kesembuhan.

Kondisi kesehatan mental seseorang secara umum dipengaruhi oleh beberapa faktor yaitu faktor genetik, stressor lingkungan dan penggunaan coping skill.

Selengkapnya kunjungi : http://news.unair.ac.id/2020/07/24/mengembangkan-coping-skill-caregiver-untuk-merawat-pasien-skizofrenia/

Artikel : https://www.psychosocial.com/article/PR270771/18751/
Penulis : Rindayati, Ah Yusuf, Ferry Efendi, Nisa Kurnia Illahiati, Abdul Nasir

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!