VOKASI UNAIR

Medical Imaging Events of Radiography (MASTOID) menjadi puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis Prodi Diploma Radiologi Universitas Airlangga yang ke-37

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan program kerja tahunannya yaitu Medical Imaging Events of Radiography (MASTOID) yang merupakan webinar nasional sebagai puncak rangkaian kegiatan Dies Natalis Prodi Diploma Radiologi Universitas Airlangga yang ke-37 dan diselenggarakan pada Sabtu (09/10/2021). MASTOID 2021 ini mengusung tema “Integrated Technology For Radiology Information System”. Webinar dilaksanakan secara online via Zoom dan live YouTube HIMARO UNAIR. Dengan konsep webinar yang berbeda dari tahun lalu, webinar MASTOID kali ini dikemas dengan konsep LIVE WEBINAR yang diisi oleh Guest star, Pembicara yang kompeten, dan Diskusi studi kasus.

Bagaskara Putra Sasmita, selaku penanggung jawab webinar MASTOID turut senang karena dapat mengadakan suatu webinar yang berbeda dari MASTOID tahun sebelumnya, pemilihan tema tentang Radiology Information System ini dipilih agar webinar terfokus dengan karier seorang Radiografer yang dapat ahli dalam IT.

Webinar ini juga dihadiri oleh Kepala Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Bapak Muhaimin, S., Tr., Kes, MT. Beliau mendukung penuh webinar MASTOID ini. Karena dengan terselenggaranya webinar ini dapar dijadikan sebagai ajang untuk temu alumni serta sharing antar Radiografer dan menjadi pandangan mahasiswa kedepannya. Webinar MASTOID ini diharapkan nantinya para mahasiswa dapat termotivasi ketika berkarier menjadi seorang Radiografer.

Kemudian, tak lupa Prof. Dr. Anwar Ma’ruf drh., M.Kes selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga juga andil dalam memberikan sambutan, beliau mengutarakan bahwa banyak veteriner yang ingin belajar mengenai radiologi, ini dapat dijadikan titik awal untuk branding Prodi Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi.

Dikarenakan webinar MASTOID ini bekerja sama dengan Perhimpunan Radiografer Indonesia (PARI), Bapak Dr. H. Sugiyanto, S.Pd., M.App.Sc selaku ketua umum PARI PUSAT juga hadir ditengah-tengah webinar dengan memberikan himbauan agar para Radiografer ataupun mahasiswa agar selalu produktif dan sangat mengapresiasi kerja keras panitia dalam menyelenggarakan webinar MASTOID 2021.

MASTOID 2021 menghadirkan 3 pembicara yang sangat kompeten dibidangnya, yang dipandu oleh 3 moderator dan Fame band sebagai guest star yang membawakan 3 lagu untuk memeriahkan Dies Natalis Diploma Radiologi ke-37. MASTOID 2021 ini merupakan kegiatan yang dinanti-nanti oleh para Radiografer, ataupun mahasiswa baik mahasiswa Radiologi Unair atau eksternal, terbukti bahwa webinar ini dihadiri sebanyak 340 peserta dan sangat antusias menyimak webinar dari awal acara hingga akhir.

Pembicara pertama dalam webinar ini adalah Ibu Fitri Retrialisca, S.Kom., M.Kom yang merupakan dosen Sistem Informasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang membawakan topik mengenai “The exsistence of RIS and PACS which have a real impact on facilitating the work of Radiographers in hospital” dalam sesi materi beliau, harapannnya para Radiografer dapat sharing pengalaman tentang pengimplementasian RIS di rumah sakit.

Dilanjutkan oleh pembicara kedua Bapak Adhi Artono, S.Tr.Kes yang merupakan Radiografer senior di Rumah Sakit Umum Daerah Sidoarjo . Dengan topik “Utilization and operation of RIS and PACS as capital for improving the competences of radiographers Utilization and operation of RIS and PACS as capital for improving the competences of radiographers” Beliau banyak bercerita mengenai pengalaman bekerja di RSUD Sidoarjo yang sudah berhasil menggunakan RIS.

Sebelum berlanjut ke pemater ketiga, MASTOID 2021 mengadakan semacam talk with an expert dengan membahas studi kasus mengenai teleradiologi. Peserta berlomba-lomba menyampaikan argumen mereka mengenai mengapa teleradiologi tidak dijadikan standar pelayanan di suatu rumah sakit. Para peserta webinar mengungkapkan keuntungan dan kerugian penggunaan teleradiologi. Sesi ini berlangsung selama kurang lebih 30 menit.

Kemudian Pembicara terakhir yaitu Bapak Muhammad Rudiansyah selaku IT Specialist of FujiFilm Medical Indonesia yang memberikan materi mengenai “Basic DICOM, PACS, HL7, RIS and Inovation of Teleradiology“. Penjelasan beliau membuat peserta dapat me-refresh materi mengenai dasar dari suatu sistem manajemen radiologi. Webinar ditutup dengan adanya Quiz berhadiah. Peserta sangat antusias menjawab Quiz yang dipandu oleh MC.

Diselenggarakan : Sabtu, 09 Oktober 2021
Penulis : Rahmi Romadhona S.P

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!