VOKASI UNAIR

OFFICE OLYMPIADE 2021

Vokasi News – Himpunan Mahasiswa D3-Administrasi Perkantoran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar acara Office Olympiade 2021. Office Olympiade 2021 merupakan ajang kompetisi dalam bidang pendidikan administrasi perkantoran bertaraf nasional yang ditujukan bagi siswa-siswi SMA/SMK sederajat. Adapun lomba-lomba yang termasuk adalah Office Looks, Speech Contest, dan Professional Administration. Acara ini akan dilakukan secara online dengan serangkaian kegiatan, yaitu: Opening and Technical Meeting, Pelaksanaan Lomba-lomba, dan ditutup dengan acara “OFFOS: Seminar Personal Branding Digital : How To Manage Social Media Properly”

Acara ini bertujuan untuk memfasilitasi siswa-siswi SMA/SMK/Sederajat yang ingin mengasah kompetensi dan mengembangkan potensi mereka khususnya di bidang Administrasi Perkantoran dan Public Speaking.

Adapun rangkaian acara dalam Office Olympiade 2021:

Opening dan Technical Meeting dilaksanakan pada tanggal 28 Agustus 2021 yang dibuka secara langsung oleh Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M.Kes. Setelah itu dilanjutkan acara technical meeting untuk tiap jenis lomba yang dihadiri oleh seluruh peserta lomba yang telah mendaftarkan diri.

Acara kedua adalah pelaksanaan lomba-lomba secara online, dengan uraian sebagai berikut:

  1. Lomba Office Look

Lomba Office Look adalah lomba mengenai penampilan kerja perkantoran mulai dari pakaian, make-up dan outfit perkantoran. Lomba Office Look dilaksanakan pada tanggal 01 September – 11 September 2021 dan terbuka untuk siswa SMA/SMK/sederajat. Untuk teknis lombanya, peserta meng-upload karya orisinil yang berupa 2 foto dan 1 video di google drive yang telah disediakan panitia.  Foto 1 adalah penampilan menggunakan pakaian kantor, foto 2 gambar sebelum dan sesudah berpakaian kantor dan video yang menjelaskan mengenai penampilan perkantoran yang dikenakan. Kemudian karya seluruh peserta lomba Office Look diunggah pada Instagram kegiatan @offest2k21. Penjurian dilakukan oleh Dosen Program Studi D3-Administrasi Perkantoran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, yaitu Dr. Dra.Ec. Sedianingsih SE., M.Si., Ak. dan Ibu Ria Triwastuti, S.AB., M.Int.Bus.

  1. Lomba Speech Contest

Lomba Speech Contest adalah lomba pidato menggunakan bahasa inggris yang dilaksanakan secara online melalui media Zoom Meeting. Lomba Speech Contest  dilaksanakan pada tanggal 11 September 2021 dan terbuka untuk siswa SMA/SMK/sederajat. Untuk teknis lombanya sendiri peserta berpidato melalui Zoom Meeting secara langsung dihadapan juri. Waktu pidato maksimal 5 menit, dan peserta dapat memilih satu dari tiga tema yang telah ditentukan oleh panitia, yakni tema (1) How do you handle online school?, (2) How to be more productive during a pandemic situation?, dan (3) How to solve the problem caused by the pandemic?. Penjurian dilakukan oleh Dosen Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, yaitu Bapak Rizal Kuddah S.Pd, M.Pd. dan Bapak Muchamad Sholakhuddin Al Fajri S.S., M.A.

  1. Lomba Professional Administration

Lomba  Professional Administration adalah lomba olimpiade perkantoran yang dilaksanakan secara online melalui Zoom Meeting. Lomba Professional Administration dilaksanakan pada tanggal 18 September 2021 dan terbuka untuk siswa SMA/SMK/sederajat. Untuk teknis lombanya sendiri peserta melaksanakan lomba secara online melalui Zoom Meeting dengan pengawasan pihak juri. Soal yang diberikan berupa 40 soal pilihan ganda dan 8 soal uji demonstrasi dengan alokasi waktu pengerjaan selama 180 menit (40 menit pilihan ganda dan 120 menit uji demonstrasi). Penjurian lomba ini dilakukan langsung oleh Dosen Program Studi D3-Administrasi Perkantoran Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, yaitu Ibu Ria Triwastuti, S.AB., M.Int.Bus. dan Ibu Rizky Amalia Sinulingga, S.Ak., M.A.B.

Serangkaian acara Office Olympiade 2021 ditutup dengan acara “OFFOS: Seminar Personal Branding Digital : How To Manage Social Media Properly”  yang diikuti oleh seluruh peserta yang telah mengikuti lomba pada acara Office Olympiade 2021. Selain webinar, penutupan juga dilengkapi dengan acara awarding untuk pemenang dari tiap-tiap jenis lomba. Pada acara OFFOS Webinar menghadirkan dua pembicara. Pembicara pertama, yaitu  Syafril Riza, SE., M.SM selaku Dosen, Trainer, dan Konsultan yang menyampaikan materi mengenai konsep personal branding dan bagaimana strategi personal branding melalui sosial media.

“Mumpung masih kuliah cari teman sebanyak-banyaknya supaya dapat mempromosikan karya kita suatu saat nanti. Seseorang harus fokus apa yang mereka bisa, kekuatan kita, bukan kelemahan kita. Apapun yang membuat dirimu excited kerjakan aja. Pasti ada momen memfokuskan semua kesukaan menjadi satu yang nanti akan menjadi personal branding kita. Jangan hanya jadi mahasiswa yang fokus kuliah aja, ikuti banyak kegiatan. Jangan hanya fokus satu hal saja. Jika ada waktu, kelemahan bisa diimprove” ungkap Syafril Riza.

Setelah pembicara pertama menyampaikan materi dilanjutkan dengan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan penyampaikan materi oleh Ria Triwastuti, S.AB., M.Int.Bus, selaku Dosen D3-Administrasi Perkantoran Unair. Dalam materinya, Ria bercerita sedikit tentang pengalaman pendidikannya. Selain itu, Ia juga membahas mengenai privilege dan selanjutnya menyambung materi Syafril Riza, yaitu membahas personal branding digital.

Saat menyampaikan materi, Ria menyampaikan bahwa personal branding bukanlah hal yang sulit dilakukan, personal branding bukan berarti menunjukkan segala hal yang kita miliki, ataupun memaksa diri menunjukkan kualitas penampilan yang perfect di sosial media.

“Personal branding bukan hal yang sulit dilakukan, apabila kita malu menampilkan wajah pada sosial media, bisa menggunakan gambar yang sesuai dengan apa yang ingin kita sampaikan. Karena branding diri tidak harus tentang menampilkan wajah kita. Lakukan apa yang kalian mau, namun semua pasti ada konsekuensinya. Jangan protes apabila tidak banyak like pada postingan kalian, karena jumlah like tidak menentukan kualitas diri seseorang” ucap Ria Triwastuti pada saat mengisi acara webinar OFFOS.

Setelah pemateri kedua selesai menyampaikan materi dan dilanjutkan sesi tanya jawab, acara dilanjutkan dengan pengumuman pemenang lomba Office Look, Speech Contest, dan Professional Administration oleh MC.

Penulis: Dinda Sumarti

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!