VOKASI UNAIR

Kuliah Umum Kebangsaan hadirkan Erick Tohir, B.A., M.B.A. (Menteri BUMN)

VOKASI NEWS – Universitas Airlangga mengadakan kuliah umum kebangsaan Di Aula Garuda Mukti Universitas Airlangga yang juga disaksikan ribuan mahasiswa melalui channel YouTube UNAIR dan zoom meeting pada Selasa siang (12/10).

Kuliah tamu ini dihadiri langsung oleh Bapak Menteri Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni Erick Tohir, B.A., M.B.A., adapun topik yang dibahas mengenai “ Daerah Sejahtera, Indonesia Jaya : Kewirausaan Transformatif untuk Membangun Daerah”. Fakultas Vokasi turut menyumbangkan video gelar product inovasi dan di apresiasi secara langsung oleh pak Erick Tohir, B.A., M.B.A. kegiatan ini dihadiri secara terbatas oleh Undangan yang hadir secara luring di Kampus C UNAIR, dan disaksikan ribuan mahasiswa melalui channel YouTube UNAIR dan zoom meeting.

Dalam paparannya, Erick menyampaikan bahwa kekuatan besar yang dimiliki Indonesia adalah Sumber Daya Manusia (SDM) nya. Seperti yang ia katakana “kita harus beri kesempatan mahasiswa untuk pertumbuhan dan perkembangan bangsa ini” untuk itu pula, sebagai menteri BUMN ia memberikan kesempatan kepada anak muda untuk bisa menjadi pemimpin di perusahaan milik negara.

Selama ini Indonesia mempunyai 2 kekuatan yang namanya market dan sumber daya alam. Kekuatan bangsa kita adalah rakyatnya, yang dimana sumber daya manusia ini menjadi kunci utama untuk menjaga kesinambungan Indonesia kedepannya. Saat ini kita terkena era disrupsi, dan yang disrupsi ada 2 yaitu teknologi dan anak muda. Contohnya adalah 7 perusaan terbesar di dunia adalah teknologi, dan penemunya adalah anak muda.

Erick telah berdiskusi dengan Rektor Unair tentang pekerjaan apa yang masih ada dalam 10 sampai 20 tahun kedepan. Seperti kurir yang nantinya bisa diganti dengan software developer. Ini adalah era berubah yang harus kita adaptasi.

“BUMN berperan atas 1/3 Perekonomian Indonesia. Kita memiliki sumber daya alam yang luar biasa, yaitu Freeport. Tetapi selama ini hanya dikirim ke luar negeri tanpa ada turunan”, ungkap Erick.

Lanjutnya, BUMN menargetkan pada 2023, 10% anak muda dibawah 24 tahun untuk meneruskan transformasi BUMN. Transformasi tersebut memiliki 5 prioritas utama seperti peningkatan investasi dan kepemimpinan teknologi.

BUMN memfasilitasi pengembangan digitalisasi Indonesia melalui 3 perspektif, yaitu infrastruktur, pendanaan, dan ekosistem. Sudah banyak alumni UNAIR yang menjadi bagia dari BUMN, maka dari itu kita harus bisa menyusul karirnya.

Selanjutnya, pak Erick dijelaskan tentang inovasi dari produk yang dimilik oleh fakultas vokasi, salah satunya adalah teknologi VR dari prodi Administrasi Perkantoran yang bisa digunakan dalam pembelajaran. Selain itu, pak Erick juga dijelaskan mengenai aplikasi yang berbasis website bernama E-ADFIN untuk menunjang kegiatan perkantoran modern.

Penulis : Dr. Rahmat Yuliawan, SE., M.M.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!