VOKASI UNAIR

Peningkatan Kemampuan Kepenulisan bagi Mahasiswa Baru K3

VOKASI NEWS – Program peningkatan kemampuan kepenulisan menjadi kegiatan wajib yang harus diikuti oleh mahasiswa baru D3 K3 2021. Salah satu yang dilakukan oleh HIMA D3 K3 yaitu menyelenggarakan acara Paper Sharing and Learning. Kegiatan ini diselenggarakan pada Sabtu, 9 Oktober 2021 dengan pemateri Kak Ardelia Bertha Prastika, mahasiswa kebidanan 2019 yang akfit dalam dunia kepenulisan.

Menurut Ibu Septyani Prihatiningsih, S.KM., M.K.K.K selaku Pembina Hima D3 K3 menyatakan bahwa kegiatan Paper Sharing and Learning (PSL) dapat membantu mahasiswa baru untuk menuntaskan output dari PKKMB yaitu salah satunya pembuatan PKM. Kegiatan ini diharapkan
dapat menambah wawasan salah satunya wawasan dalam menyusun proposal PKM. Dengan adanya peningkatan kemampuan kepenulisan, dapat dijadikan sebagai motivasi dalam mengikuti berbagai jenis perlombaan kepenulisan seperti paper, esai, dan PKM. Apabila mahasiswa mengikuti perlombaan, target prestasi mahasiswa yang masuk dalam komponen akreditasi juga akan meningkat.

Kegiatan PSL diawali dengan mahasiswa baru mengirimkan karya esai masing-masing kelompok kemudian diseleksi oleh panitia dan pemateri. Proses seleksi dilakukan sebanyak dua kali yaitu seleksi administrasi dan seleksi isi esai, kemudian dilanjutkan dengan bedah esai yang dilakukan oleh pemateri dengan para mahasiswa baru. Mahasiswa baru antusias terhadap kegiatan ini, dibuktikan dengan terkumpulnya 50 esai. Saat tanya-jawab dengan pemateri pun, terlihat antusias dengan bebagai macam pertanyaan seputar pengalaman dalam menulis sebuah karya ilmiah.

Antusiasme mahasiswa baru diharapkan dapat memotivasi untuk mengikuti kegiatan-kegiatan perlombaan kepenulisan. Menurut Kak Ardelia, menekuni dunia kepenulisan sangat menarik, walaupun demikian yang paling utama adalah menemukan passion pada diri sendiri.

Harapan dari prodi untuk acar ini yaitu mahasiswa baru memiliki semangat untuk mengikuti lomba kepenulisan, salah satunya PKM. Besar harapan prodi agar mahasiswa baru dapat memanfaatkan kegiatan ini untuk mengetahui bagaiamana menyusun karya tulis ilmiah dan bagimana menyusun proposal PKM hingga lolos pendanaan bahkan sampai PIMNAS.

 

Penulis : Anugrah Regita C

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!