VOKASI UNAIR

D3-Manajemen Perbankan Lakukan Kunjungan ke Bank Muamalat & Bank BRI

VOKASI NEWS – Berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya sejak pandemi COVID-19 di tahun 2020 hingga sekarang, Himpunan Mahasiswa D3-Manajemen Perbankan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga kembali adakan kunjungan ke bank secara virtual melalui zoom meeting. Dalam kunjungan kali ini yaitu dengan mengadakan acara Webinar MB Study Visit to Banking dengan tema “Potensi Digitalisasi Perbankan Dalam Mendorong Human Resource di Era Pandemi”. Tema yang diusung bertujuan untuk mengetahui perbedaan mekanisme kerja bank Syariah dengan bank Konvensional secara spesifik, serta untuk mengetahui bagaimana cara human resource menyelesaikan masalah dan tantangan yang dihadapi bank pada masa pandemi ini.

Kegiatan MB Study Visit to Banking tersebut nantinya akan sangat bermanfaat bagi mahasiswa D3-Manajemen Perbankan untuk kedepannya. Agar dapat menambah pengetahuan tentang bagaimana peran digitalisasi perbankan dalam mendorong human resource di era pandemi dan menambah wawasan mengenai dunia kerja dibidang perbankan. Kegiatan ini sangat menarik untuk diikuti oleh mahasiswa internal D3-Manajemen Perbankan baik dari angkatan 2019, 2020, maupun 2021. Dengan menghadirkan dua pemateri yang sangat ahli dibidangnya, dan tak luput dari pengalaman kerja yang sangat luar biasa.

Sabtu (9/10/2021) dengan menghadirkan pemateri pada hari pertama, yaitu Bapak Iyus Prasetia, S.H selaku Relationship Manager Funding Bank Muamalat Kantor Cabang Darmo. Pak Iyus tak sendirian, beliau ditemani oleh Bu Nurul Azizah atau yang kerap disapa Bu Zizi yang juga sebagai Relationship Manager Funding Bank Mualamat. Para mahasiswa sangat antusias dengan pemaparan materi yang disampaikan oleh Bapak Iyus dan Bu Zizi. Yang dimana membahas tentang Dasar Transaksi Syariah & Keuangan Digital Dalam Perspektif Syariah. Pokok bahasan yang disampaikan ialah mengenai hukum transaksi dan keuangan digital dalam pandangan syariah, ketentuan Syariah terkait transaksi digital, dan alat pembayaran digital. Tak hanya melalui pemaparan materi saja, para mahasiswa juga diberi kesempatan untuk dapat menyampaikan beberapa pertanyaan kepada Pak Iyus dan Bu Zizi.

Kemudian di hari berikutnya, Minggu (10/10/2021) kegiatan MB Study Visit to Banking menghadirkan pemateri yang kedua yaitu oleh Bu Dini Wulandari, S. Si selaku Manajer Pemasaran BRI Kantor Cabang Demak, Jawa Tengah. Bu Dini telah bekerja di dunia perbankan selama 8 tahun dengan memiliki pengalaman dalam menganalisa risiko kredit, laporan keuangan, meminimalisir risiko kredit dengan cara mitigasi risiko, serta strategi pencapaian kinerja pemasaran sebuah unit kerja. Pemaparan materi kedua oleh Bu Dini tak kalah menarik dengan sebelumnya. Kali ini membahas tentang Digitalisasi Perbankan di Era Pandemi. Yang dimana dalam cakupannya membahas mengenai Tantangan Perbankan di Era Pandemi COVID-19, dan Human Capital Perbankan, yaitu Human Resource dan Human Strategy. Bu Dini juga tak lupa pula untuk memperkenalkan produk unggulan dari BRI yaitu BRImo dan BRI digital saving kepada para mahasiswa D3-Manajemen Perbankan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga.

“Harapannya semoga teman-teman Manajemen Perbankan baik dari angkatan 2019, 2020, dan 2021 dapat mengetahui bagaimana kondisi perbankan di saat pandemi seperti ini, dan mengetahui pula upaya-upaya yang dilakukan untuk perbankan di masa yang akan datang. Semoga setelah dilaksanakannya acara MBSIT ini dapat menambah wawasan dan banyak ilmu yang bermanfaat bagi teman-teman semua. Tetap semangat dan jangan lupa untuk selalu belajar dari pengalaman!”, ujar Nelly Wahyu Ardianti selaku Ketua Pelaksana MB Study Visit to Banking 2021.

 

Penulis : Yashinta Citra Fadia Putri J.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!