VOKASI UNAIR

Pentingnya Adaptasi dalam Menghadapi Era New Normal

VOKASI NEWS – HIMA Keselamatan dan Kesehatan Kerja telah melaksanakan kegiatan Seminar Nasional K3 yang diselenggarakan pada Sabtu, 16 Oktober 2021. Kegiatan ini merupakan kegiatan rutin tahunan yang selalu dilaksanakan dengan pembahasan topik yang menarik. Tahun ini, seminar nasional K3 mengangkat tema “Implementasi Program K3 sebagai Upaya Peningkatan Produktivitas Kerja dalam Pencegahan Covid-19 di Tempat Kerja pada Era New Normal” dengan sub bahasan, program K3 sebagai upaya pencegahan penyebaran Covid-19 untuk optimalisasi produktivitas kerja di sektor pelabuhan dan best practice program K3 untuk optimalisasi produktivitas kerja pada era new normal di sektor migas. Dengan pemateri sub bahasan pertama yaitu Bapak Edy Priyanto, S.KM., MM dan pememateri sub bahasan kedua Bapak Syamsul Arifin, S.KM., M.K.K.K.

Gambar 1. Sambutan oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf drh

     Diawali dengan sambutan oleh Prof. Dr. Anwar Ma’ruf drh., M.Kes yang menyatakan bahwa pemilihan tema sangat tepat pada era new normal ditandai dari banyaknya partisipan. Dengan adanya seminar ini diharapkan peserta dapat mengetahui bagaimana menghadapi
pandemic Covid-19 dan bagaiaman caranya kita bisa bersahabat dengan Covid-19. Ketakutan akibat pandemi Covid-19 menyebabkan tidak dapat berinovasi dan berkreasi untuk menghasilkan suatu capaian yang diinginkan. Hal ini sejalan dengan pendapat Ibu Ratih Damayanti,S.KM., M.Kes yang menyatakan bahwa, walaupun terdapat pandemi Covid-19 harus tetap produktif untuk merealisasikan tujuannya masing-masing sehingga perlu melakukan pencegahan penyebaran Covid-19 di tempat kerjanya masing-masing.

Gambar 2. Penyampaian Materi oleh Bapak Edy Priyanto, S.KM., MM

     Pembahasan seminar ini sangat menarik, di mana banyak perusahaan yang harus berjuang tetap beroperasi di tengah batasan-batasan pandemi Covid-19. Walaupun saat ini kasus Covid-19 mengalami penurunan, dampak global yang diberikan masih berlanjut. Menurut Bapak Edy Priyanto, S.KM., MM selaku pemateri mengungkapkan bahwa kata kunci untuk menghadi Covid19 yaitu adaptasi. Untuk menghadpi perubahan-perubahan yang terjadi dibutuhkan adaptasi, siapa yang dapat beradaptasi, itulah yang dapat bertahan. Mengikuti kegiatan seperti seminar K3 merupakan salah satu cara beradaptasi untuk mengetahui bagaimana caranya beradaptasi. Oleh karena itu diperlukan continue impovement untuk mengadapi pandemi Covid-19.

Gambar 3 Penyampaian Materi oleh Bapak Syamsul Arifin, S.KM., M.K.K.K.

     Dengan adanya perubahan-perubahan, peluang K3 sangat besar karena dalam perubahan perlu memperhatikan aspek-aspek K3. Oleh karena itu orang yang paham K3 akan sangat dibutuhkan dan diperlukan.

Penulis : Anugrah Regita C

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!