VOKASI UNAIR

The construction of indonesian muslims and islam in australian newspapers: A corpus-assisted critical discourse analysis

VOKASI NEWS – Penulis : Muchamad Sholakhuddin Al Fajri

Konstruksi media barat terhadap Islam dan Muslim sudah banyak dikaji oleh para peneliti dari berbagai keilmuan. Salah satu hasil temuannya adalah representasi Muslim dan Islam lebih terkait dengan terorisme, radikalisme dan kekerasan. Media juga lebih fokus meliput negara-negara Islam yang sedang dalam konflik atau perang seperti Afganistan, Irak dan Iran, tapi mengesampingkan negara dengan populasi Muslim terbanyak seperti Indonesia.

Walaupun terkenal sebagai negara yang menerapkan Islam moderat, Muslim di Indonesia sendiri pernah menarik atensi media barat khususnya Australia terkait aksi terror bom Bali tahun 2002 dan 2005. Oleh karena itu, penting untuk melihat bagaimana surat kabar Australia menggambarkan Muslim Indonesia. Karena wacana di media tidak statis, analisis diakronis juga esensial dilakukan untuk melihat apakah ada perbedaan antara representasi Muslim Indonesia di lima tahun periode yang berbeda, yaitu saat banyak terjadi aksi teror di Indonesia (2002-2006) dan sepuluh tahun setelah bom Bali 1 terjadi (2012-2016).

Kajian mengenai diskursus termasuk diskursus Muslim di koran lebih banyak menggunakan data yang relatif sedikit. Dengan pendekatan linguistik korpus untuk analisis wacana kritis, saya mencoba menggunakan data yang lebih besar. Semua berita di surat kabar Australia yang ada kata Indonesia dan Muslim atau Islam menjadi data penelitian ini. Data yang dihasilkan yakni 3.863 artikel berita untuk periode 2002-2006 dan 1.164 berita di 2012-2016.

Teknik analisis korpus pertama yang digunakan adalah analisis kata kunci. Kata kunci merupakan kata dengan frekuensi tinggi di satu korpus atau kumpulan teks jika dibandingkan dengan korpus yang lain. Teknik yang kedua adalah kolokasi. Kolokasi secara sederhana dapat diartikan sebagai kata-kata yang saling bersanding satu sama lain.

Hasil dari analisis kata kunci menunjukkan bahwa pada tahun 2002-2006 surat kabar Australia fokus memberitakan tentang kejadian dan orang-orang yang berkaitan dengan aksi teror yang terjadi dalam rentang periode tersebut. Beberapa kata kunci yang ditemukan adalah kata terror, bombing, Bali, Marriot, Osama, Amrozi, Bashir dan Jemaah Islamiyah. Perlu ditegaskan lagi bahwa saat pengambilan data artikel berita, yang bisa menjadi data adalah artikel yang mengandung kata Muslim atau Islam dan Indonesia, bukan kata negatif seperti terror dan terrorists.

Selengkapnya kunjungi : http://news.unair.ac.id/2020/07/13/representasi-muslim-dan-islam-indonesia-di-surat-kabar-australia/

Artikel : https://journals.muni.cz/discourse-and-interaction/article/view/13509
Penulis : Muchamad Sholakhuddin Al Fajri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!