VOKASI UNAIR

Relawan Pajak UNAIR siap dampingi Wajib Pajak dalam Pelaporan SPT Tahunan

#REPOST Tepat pada hari ini, sejumlah 20 mahasiswa Universitas Airlangga telah terpilih sebagai Relawan Pajak periode 2022 mendapatkan pelatihan untuk asistensi pengisian E-Filling bagi wajib pajak orang pribadi khususnya pegawai di lingkungan Universitas Airlangga. Relawan pajak merupakan agenda rutin tiap tahun yang diselenggarakan oleh Tax Center Fakultas Vokasi Universitas Airlangga yang bekerjasama dengan Direktorat Jenderal Pajak Kemenkeu RI.

Kegiatan pelatihan tahap awal ini diselenggarakan secara luring di ruang laboratorium komputer 203, Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dengan mematuhi protokol kesehatan yang ketat. Para relawan pajak terpilih diberikan review materi tentang SPT Tahunan Orang Pribadi, pemahaman karakter bukti potong pajak yang diterima oleh wajib pajak pegawai di Unair, hingga tata cara perhitungan serta pelaporan SPT Tahunannya yang disampaikan secara langsung oleh Bani Alkausar, S.Pn., M.S.A. (KPS D3 Perpajakan), Nitami Galih Pangesti S.A., M.A. (Dosen Perpajakan) sebagai pemateri pelatihan pagi hari ini serta didampingi oleh Ajeng Rachma Pertiwi, S.A., M.A. (Dosen Perpajakan)

Dengan dilaksanakannya pelatihan awal tersebut bagi para Relawan Pajak, diharapkan dapat meningkatkan pengetahuan dan keterampilan para mahasiswa dalam memberikan asistensi Wajib Pajak dalam kewajibannya untuk melaporkan SPT Tahunan. Selain itu, pada kesempatan ini tidak hanya berdiskusi terkait mekanisme asistensi serta materi pengisian E-Filling, tetapi juga terkait beberapa case yang seringkali terjadi pada Wajib Pajak dan bagaimana solusi yang sebaiknya dilakukan jika menemui kasus-kasus tersebut. Pelatihan berlangsung secara aktif dengan banyaknya pertanyaan yang diajukan oleh sejumlah Relawan Pajak serta diskusi dalam menemukan solusi untuk kasus yang mungkin muncul dalam pelaporan SPT Tahunan khususnya jika wajib pajak lupa dengan pasword akun pajaknya atau lupa efin.

Perlu diketahui bahwa tabungan pajak bagi wajib pajak orang pribadi pegawai Unair telah dicairkan melalui rekening bank per tanggal 1 Februari 2022, yang ditujukan untuk melaksanakan pembayaran jika setelah dilakukan perhitungan menunjukkan status SPT Tahunannya adalah kurang bayar. Pelaporan SPT Tahunan untuk wajib pajak orang pribadi telah dapat dilaksanakan mulai tanggal 1 Januari 2022 s/d 31 Maret 2022.

Jadi untuk para wajib pajak, siapkan akun djponline mu, bukti potong pajak, kartu keluarga, serta daftar harta dan kewajiban untuk dasar dalam input laporan SPT Tahunan!

nantikan info selanjutnya untuk jadwal asistensi pelaporan SPT Tahunan oleh Relawan Pajak Tax Center Unair!

Sumber: https://taxcenter.vokasi.unair.ac.id/2022/02/04/bimbingan-relawan-pajak-unair-2022/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!