VOKASI UNAIR

Penerapan CSMS sebagai Pencegahan Kecelakaan Kerja

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa (HIMA) D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga menggelar Kuliah Alumni I. Kegiatan dilaksanakan pada Sabtu, 9 April 2022 pukul 09.30 hingga pukul 12.05 melalui Zoom Meeting. Tema yang diangkat kali ini cukup menarik yakni “Contractor Safety Management System (CSMS).”

Kegiatan diawali sambutan oleh Ibu Ratih Damayanti,S.KM., M.Kes, beliau menyampaikan bahwa pemilihan tema sangat tepat utamanya bagi para HSE dan mahasiswa K3. Hal ini karena CSMS merupakan bekal mahasiswa saat terjun di dunia industri. Dengan adanya kegiatan ini, peserta diharapkan dapat memahami penerapan Contractor Safety Management System (CSMS) sebagai upaya pencegahan kecelakaan kerja di dunia industri. Hal ini sejalan dengan pendapat Dr. Tika Widiastuti, SE,. M.Si yang menyatakan bahwa tema Contractor Safety Management System cukup menarik mengingat di era sekarang dunia industri berkembang secara pesat.

Dalam kegiatan Kuliah Alumni, Alumnus D3 K3 Eko Ranti Wahyu Yulianto A.Md K.K.K berkesempatan menjadi pemateri. Beliau memaparkan dengan adanya CSMS maka time work antara perusahaan dan kontraktor akan lebih baik. Hal tersebut dikarenakan pihak terkait memahami apa yang dibutuhkan oleh pihak lainnya sehingga dapat meminimalkan angka kecelakaan kerja dan kerugian perusahaan. Adapun dalam kegiatan itu, beliau juga memaparkan beberapa tahapan CSMS yakni Risk Assessment, Pre Qualification, Selection, Pre job activity, Work in progress, dan Final evaluation.

Kegiatan Kuliah Alumni dilaksanakan setiap tahunnya untuk memfasilitasi pengetahuan mahasiswa D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja. Menurut Wakil Dekan I Fakultas Vokasi Dr. Tika Widiastuti, SE,. M.Si , kegiatan Kuliah Alumni semacam ini adalah bagian penting dalam pendidikan vokasi. Mahasiswa mendapatkan kompetensi tambahan atau wawasan dari alumni yang tidak didapatkan dari pembelajaran di kelas. Hal ini dapat mendukung hard skill mahasiswa K3 dan nantinya akan lebih siap terjun ke dunia industri.

Pada kegiatan Kuliah Alumni ini, antusias para peserta sangat tinggi. Hal tersebut dibuktikan dalam sesi tanya jawab banyak peserta yang mengajukan pertanyaan kepada pemateri. Selain itu, dapat dilihat dari banyaknya jumlah peserta yaitu lebih dari 100 peserta dari mahasiswa aktif dan beberapa alumni D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja.

Penulis: Saka Wandhana Putri

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!