VOKASI UNAIR

Tahun Depan Unair akan Bangun Tower Fakultas Vokasi di Gresik

#Repost from JawaPos – Rencana merelokasi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga (Unair) Surabaya ke Gresik, tampaknya semakin matang. Unair telah memutuskan pembangunan tower untuk perkuliahan mahasiswa vokasi itu dimulai pada 2023 mendatang.

Sebagai persiapan, Unair juga terus menambah program studi (prodi) vokasi baru di kampus Gresik. Total prodi yang dibuka tahun ini ada tujuh. Tiga di antaranya merupakan prodi baru. Yakni, D3 Managemen Administrasi Perkantoran, D3 Perpanjakan, dan D4 Managemen Perbankan.

Adapun empat prodi lainnya, sebelumnya sudah ada. Yakni, D3 Keperawatan, D3 Keselamatan dan Kesehatan Kerja (K3), D3 Teknologi Laboratorium Medis, dan D4 Teknologi Radiologi Pencitraan. Di Gresik, prodi itu terbilang baru lantaran dibuka pada 2021.

Dekan Fakultas Vokasi Unair Prof Dr Anwar Ma’ruf mengatakan, pagu prodi vokasi di kampus Gresik tahun ini ada 180. Namun, pihaknya juga terus mengebut persiapan relokasi kampus vokasi Unair ke Gresik. Dengan demikian, ke depan semua prodi akan terpusat di Gresik.

Anwar mengatakan, untuk pendaftaran calon mahasiswa baru sudah mulai dibuka sejak 14 Maret hingga 11 April, melalui website www.ppmb.unair.ac.id. ‘’Nanti prodi-prodi vokasi Unair akan memiliki gedung baru. Tepatnya di sebelah Mapolres Gresik, berdiri di tanah seluas 13.000 meter persegi,’’ ungkapnya.

Tanah untuk pembangunan tower Fakultas Vokasi Unair sudah dihibahkan oleh Pemkab Gresik. Rencananya, tahun depan sudah mulai dilaksanakan pembangunan. Saat ini, lanjut Anwar, pihaknya sedang menyelesaikan blok plan tower vokasi Unair. Bangunan itu akan berdiri setinggi 9 lantai.

Tower itu didampingi dua gedung di kanan-kiri, dengan masing-masing memiliki empat lantai. ’’Insya Allah kalau lancar tahun depan mulai dibangun. Nanti semua vokasi pindah ke Gresik,” imbuhnya.

Sebelumnya, Bupati Fandi Akhmad Yani juga sangat mendukung rencana Unair yang akan merelokasi Fakultas Vokasi ke Gresik. Karena itu, pemkab pun menghibahkan lahan di Jalan dr Wahidin Sudirohusodo. Perlu diketahui, sejak 2019 lalu, sejumlah prodi vokasi Unair juga telah beroperasi di Gresik. Gedung perkuliahannya di sebelah RSUD Ibnu Sina.

Support Pemkab Gresik sangat beralasan. Kehadiran prodi vokasi Unair itu antara lain sejalan dengan arah Gresik ke depan sebagai salah satu kota industri besar. Sebut saja, beroperasinya smelter PT Freeport Indonesia dan beragam industry di Kawasan Ekonomi Khusus (KEK) Manyar.

Anwar menambahkan, pihak Unair sudah melihat minat pendidikan vokasi di Gresik dan sekitarnya. Ternyata, minatnya cukup bagus. Tahun lalu, tiga prodi baru dengan pagu 30, yang mendaftar masing-masing 100 orang. Sedangkan prodi D3 Keperawatan dengan pagu 100, ada sebanyak 400 pendaftar.

’’Di vokasi Unair ada tiga departemen. Yakni, departemen bisnis, teknik, dan kesehatan. Tahun depan, mungkin kita buka prodi dari departemen lain sambil melihat minat sebelum dibangunnya tower di Gresik,” ucap dia.

Artikel ini diambil dari https://www.jawapos.com/surabaya/05/04/2022/tahun-depan-unair-mulai-bangun-tower-fakultas-vokasi-di-gresik/

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!