VOKASI UNAIR

HIMA D3 Perpustakaan Universitas Airlangga Mengadakan Semnas Ke-2, Hadirkan Pemateri Ketua IPI dan AAI serta Peserta dari Negeri Jiran

VOKASI NEWS – HIMA D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi (FV) Universitas Airlangga (UNAIR) melaksanakan seminar nasional bertajuk “Airlangga Record and Library Conference” ditahun kedua. Kali ini kegiatan digelar melalui Zoom Meeting pada Sabtu Pagi, (18/6/2022) dengan mengundang pembicara Ikatan Pustakawan Indonesia ( Utami. B.R Hariyadi, M.Lib., M.Si.) dan Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (Dr. Andi Kasman, SE, MM.). Peserta yang hadir tidak hanya dari lingkup universitas yang ada di Indoenesia tetapi peserta yang hadir pada seminar ini juga di hadiri oleh peserta dari Universitas Teknologi Mara Shah Alam (UiTM) Malaysia.

Dekan Fakultas Vokasi UNAIR Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, M.Kes., ; serta Kepala Program Studi D3 Perpustakaan Fakultas Vokasi Dessy Harisanty, S.Sos., M.A., turut hadir dalam pelaksanaan “Airlangga Record and Library Conference 2022” (AIRLC 2022). Dalam seminar ini, sejumlah praktisi ilmu perpustakaan serta mahasiswa dari berbagai perguruan tinggi berdiskusi mengenai tentang peran dunia perpustakaan dan kearsipan di era society 5.0. Seperti yang dikatakan Leni Aditya Ardhana selaku Ketua Panitia.

Airlc ini digelar untuk menambah pengetahuan dan wawasan dimana peran dunia perpustakaan dan kearsipan di era society 5.0. Pada seminar ini menghadirkan narasumber yang sangat berpengalaman dalam bidangnya, yaitu Ikatan Pustakawan Indonesia ( Utami. B.R Hariyadi, M.Lib., M.Si.) dan Ketua Umum Pengurus Nasional Asosiasi Arsiparis Indonesia (Dr. Andi Kasman, SE, MM.). Dan yang menarik pada acara kali ini adalah di hadiri oleh beberapa peserta dari Universitas Teknologi Mara Shah Alam (UiTM) Malaysia.

Kegiatan ini dirancang untuk diikuti oleh mahasiswa dan umum. Acara ini di adakan agar semua peserta seminar dapat mengetahui peran dunia perpustakaan dan dunia kearsipan pada era society 5.0, karena perpustakaan dan kearsipan juga harus mengikuti teknologi yang ada dan bagaimana cara perpustakaan dan kearsipan sendiri untuk dapat berperan pada dunia teknologi di era society 5.0. Selain itu juga seminar ini diadakan agar semua orang dapat mengetahui peran perpustakaan sendiri dan peran kearsipan pada era society 5.0 karena banyak yang belum mengetahui.

Mahasiswa angkatan 2021 menjelaskan bahwasanya rangkaian acara AIRLC kali ini cukup edukatif untuk mereka yang masih baru dengan dunia perpustakaan dan kearsipan di dunia society 5.0. Selain kegiatan Seminar bertema “Society 5.0” terdapat beragam rangkaian acara yang diselenggarakan, di mana serangkaian acara dari kegiatan AIRLC 2022 ini juga di meriahkan dengan kompetensi Paper dari LKTI, dimana nantinya paper yang akan dikirimkan akan dijadikan prosiding dan akan di uploud pada jurnal Sinta 3, tema pada lomba paper ini juga masih berkaitan dengan tema yang dibawakan dan ada 4 tema yaitu Peran Perpustakaan dalam membangun Sumber Daya Manusia di Era Society 5.0, , teknologi di era society 5.0, skill masyarakat di era society 5.0, dan peran dunia kearsipan dalam menghadapi era society 5.0.

AIRLC 2022 ini menuai banyak antusias yang sangat memuaskan dari peserta. Dengan itu seluruh panitia dan peserta berharap agar acara ini digelar kembali dalam skala nasional maupun internasionaL , selain itu agar kerja sama dengan pihak UiTM serta partner lain ke depan dapat terus terjalin. Dan untuk sebagai branding prodi D3 Perpustakaan ke depannya.

Penulis : Ersafitri Rachmadiani

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!