VOKASI UNAIR

RAPID (Radiologi Peduli Donor Darah) 2022

Believe me, a bag of your blood can save a precious life for a loved one. Because every life is precious to someone, please take care of your health so that your blood can save someone’s life – Dinda Nuraini F

VOKASI NEWS – Himpunan Mahasiswa Program Studi D-IV Teknologi Radiologi Pencitraan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan kegiatan RAPID (Radiologi Peduli Donor Darah) 2022 yang merupakan program kerja dari Divisi Pengabdian Masyarakat dan Lestari Lingkungan, diadakannya kegiatan tersebut untuk menumbuhkan rasa kepedulian dan kemanusiaan terhadap sesama dengan berdonor darah. Peelaksanaan RAPID 2022 berbeda dari tahun kemarin karena diadakan secara luring tepatnya di Fakultas Vokasi, Universitas Airlangga.

Kegiatan RAPID 2022 dilaksanakan pada hari Sabtu (18/06/2022) dibagi menjadi 3 sesi yaitu sesi 1 (08.00 – 10.00) untuk SMA Undangan, sesi 2 (09.30 – 11.30) untuk civitas akademika UNAIR, dan sesi 3 (11.00 – 13.00) untuk masyarakat umum. Dimulainya kegiatan RAPID 2022 dibuka dengan sambutan Ketua pelaksana yaitu Dinda Nuraini Fadilah lalu sambutan dari KAHIMA yaitu M. Dio Ramadhani, dan sambutan dari pihak UDD PMI Surabaya. Selanjutnya pemberian plakat kerja sama terhadap PMI dan SMAN 7 Surabaya. Setelah pemberian plakat dilanjutkan dengan keberlangsungan kegiatan donor darah sesi pertama yaitu pada pukul 08.00 SMAN 7 Surabaya, dilanjutkan dengan sesi kedua yaitu civitas akademika UNAIR, dan yang terakhir sesi ketiga yaitu masyarakat umum.

Peserta harus melalui beberapan tahapan untuk dapat melakukan menuju donor darah pada Kegiatan RAPID 2022 yaitu yang pertama pengisian formulir, dilanjutkan dengan input data yang dilakukan oleh petugas PMI, lalu proses screening (Cek tensi darah, cek HB, dan cek golongan darah). Apabila sesuai dengan kriteria maka dapat melaksanakan kegiatan donor darah.

Selain itu, pada kegiatan RAPID 2022 terdapat acara stand skill editing, dimana panitia mengadakan tutorial pembuatan video pada Story Instagram dan fitur yang ada di dalamnya seperti stiker, gift, musik, filter, dan cutting video sehingga ada bekal tambahan pengetahuan kepada para pendonor terkait teknologi modern, panitia juga menyelenggarakan lomba “live report” atau pembuatan video saat acara berlangsung.

Terdapat manfaat yang didapat dengan berlangsungnya kegiatan RAPID ini, yaitu mendapat pengetahuan tentang donor darah, memahami pentingnya donor darah, meningkatkan kepedulian sosial dan kemanusiaan, serta mendapatkan doorprize menarik bagi yang beruntung. Selain itu sebagai wadah untuk melakukan branding Program Studi D4 Teknologi Radiologi Pencitraan kepada siswa SMAN 7 Surabaya.

Be a Blood Donor to be a Hero

Penulis : Dinda Nuraini Fadilah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!