VOKASI UNAIR

VOTDEC 2022 : Strategi dan Peran Generasi Muda dalam Menyikapi Kebijakan Isu di Era Society 5.0

VOKASI NEWS – VOTDEC (Vocational Debate and Essay Competition) kembali dilaksanakan pada tahun 2022. Tema yang di usung pada tahun ini yaitu “Strategi dan Peran Generasi Muda dalam Menyikapi Kebijakan Isu di Era Society 5.0”, di dalam VOTDEC sendiri terdapat beberapa rangkaian acara yaitu penulisan essay, kompetisi debat dan ditutup oleh webinar atau talkshow Lomba penulisan essay ini banyak diikuti oleh beberapa instansi yang ada di indonesia, yaitu ada 31 tim dengan maksimal anggota per tim 2, dimenangkan oleh 3 juara, untuk juara ketiga diraih Monixca Fernandes Awangga Tirta dari instansi Universitas Airlangga, juara kedua diraih Yosep Bello dari instansi Universitas Indonesia, serta juara pertama diraih oleh Muhadzib Rezky Hilmy dari instansi Politeknik Imigrasi.

Kemudian disusul oleh lomba debat yang dilaksanakan pada hari Sabtu 21 Mei 2022 kemarin secara online melalui zoom. Lomba ini diikuti oleh 16 tim dengan masing-masing tim yang berjumlah 3 orang, mulai pukul 07.00 pagi hingga pukul 18.00 sore. Diawali dengan sambutan Abdullah Sufi Jorgie selaku ketua pelaksana acara VOTDEC 2022, kemudian sambutan dari Ageng Rizki Arianes selaku Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan diakhiri dengan sambutan dari Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Para peserta debat selama acara berlangsung sangat antusias dan sangat kritis karena sistem yang digunakan pada lomba debat ini menggunakan sistem gugur sehingga semakin diakhir babak suasana semakin tegang dan para tim merasa terpacu untuk memenangkan perlombaan. Tim-tim yang mengikuti berasal dari berbagai instansi di Indonesia.

Kemudian pada hari terakhir kompetisi atau lebih tepatnya puncak acara dari VOTDEC 2022, yang dilaksanakan pada Sabtu 28 Mei 2022 dimulai pukul 09.00 WIB s.d. 13.00 WIB. Webinar ini dihadiri sebanyak 100 peserta dari penjuru Indonesia dan diawali dengan sambutan Abdullah Sufi Jorgie selaku ketua pelaksana acara VOTDEC 2022, kemudian sambutan dari Ageng Rizki Arianes selaku Presiden BEM (Badan Eksekutif Mahasiswa) Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dan diakhiri dengan sambutan dari Prof. Dr. Anwar Ma’ruf, drh., M. Kes. selaku Dekan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Setelah itu acara dipandu oleh moderator, VOTDEC 2022 menghadirkan 2 narasumber hebat yaitu Fajar Nursahid, M.Si. selaku direktur Riset Perdana Syndicates dan Haura Alya Amany selaku CEO of Global Milenial Group. Beliau berdua mengusung Tema “Strategi dan Peran Generasi Muda dalam Menyikapi Kebijakan Isu di Era Society 5.0”.

Dengan diadakannya acara VOTDEC dari penulisan essay, lomba debate, dan talkshow oleh beberapa pemateri dengan mengusung tema tentang strategi dalam menyikapi suatu isu ataupun permasalahan. Tujuannya seluruh partisipan yang mengikuti rangkaian acara tersebut mendapatkan pengetahuan yang akan menambah wawasan dan mengembangkan generasi muda yang kritis dan solutif terkait berbagai isu dan kebijakan yang ada di masa mendatang. Penulis : Notusa Gelar Satria

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!