VOKASI UNAIR

Yoga Prasegi Diharapkan Jadi Contoh Kepeloporan di Nganjuk dan Nasional Dalam Hal Mendaur Ulang Limbah Logam

#Repost from surya.co.idDinas Pemuda dan Olahraga (Dispora) Provinsi Jawa Timur melaksanakan penilaian lapangan (fact finding) pada finalis Pemuda Pelopor Perwakilan Kabupaten Nganjuk pada hari Selasa, 24 Mei 2022.

Fact finding kali ini dilaksanakan kepada perwakilan Pemuda Pelopor, Yona Prasegi yang lolos ke tingkat Provinsi Jawa Timur di bidang Pengelolaan Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata.

Plt Bupati Nganjuk, H Marhaen Djumadi mengatakan bahwa pihaknya memberikan dukungan penuh kepada Yona Prasegi sebagi satu-satunya delegasi dari Nganjuk tahun 2022 yang lolos ke tingkat provinsi.

“Ini sebagai contoh baik untuk pemuda-pemudi Kabupaten Nganjuk. Terus kembangkan potensi apa saja yang ada di Nganjuk,” kata Marhaen Djumadi.

Sementara Kepala Disporabudpar Kabupaten Nganjuk, Gunawan Widagdo berharap, tahun ini perwakilan Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk kembali menorehkan prestasinya di tingkat provinsi bahkan nasional.

“Apabila tahun lalu dua wakil Nganjuk mampu menyabet juara 2 dan juara 3 nasional, tahun ini ditargetkan dapat juara 1 nasional,” kata Gunawan.

Sedangkan Tim Penilai Pemuda Pelopor Provinsi Jatim, Sri Endah Nurhayati menjelaskan, poin utama yang menjadi penilaian sebagai Pemuda Pelopor di bidang Sumber Daya Alam, Lingkungan dan Pariwisata yakni kepeloporan yang dilakukan oleh calon pemuda pelopor terhadap lingkungan sekitarnya.

“Di lingkungan kita banyak sekali hal dapat kita kerjakan, namun siapa yang mau bergerak untuk mempelopori dan melakukannya,” terang Endah.

“Kepeloporan itu juga harus berdampak terhadap masyarakat di sekitarnya. Jadi kepeloporannya itu tidak hanya untuk dirinya dan sekelompok orang saja, tetapi untuk masyarakat banyak. Dan juga harus ada pemberdayaan kepada masyarakat tersebut, sehingga usahanya terus berkesinambungan,” jelasnya.

Karena itu, tambah Endah, pihaknya percaya kalau Kabupaten Nganjuk memiliki banyak pemuda-pemudi yang berpotensi dalam kepeloporan. Di mana di Nganjuk banyak mutiara-mutiara yang masih terpendam dan menunggu untuk ditemukan.

“Dari kepeloporan mutiara yang terpendam itu tentunya akan melahirkan banyak tokoh dan penggerak. Untuk itu kami akan berusaha semaksimal mungkin membantu menemukan potensi-potensi tersebut,” tutur Endah.

Seperti diketahui, Yona Prasegi aktif dalam pembuatan kerajinan berasal dari daur ulang limbah berbahan logam yakni alumunium, kuningan, dan besi. Ia merupakan perwakilan Pemuda Pelopor Kabupaten Nganjuk Tahun 2022 yang terpillih masuk ke tingkat Provinsi Jawa Timur.

Dari limbah logam tersebut, Yona Prasegi dapat menghasilkan dekorasi rumah, aksesoris motor custom, dan hiasan dinding.

Penulis : Ahmad Amru Muiz
Editor : Deddy Humana
Selengkapnya kunjungi : surya.co.id

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!