VOKASI UNAIR

Pengaruh Kenaikan PPN Bagi Masyarakat Indonesia Ditinjau Dari Tiga Sudut Pandang Serta Dampak Perubahan NIK Menjadi NPWP

VOKASI NEWS – Undang-Undang tentang Harmonisasi Peraturan Perpajakan yang terdapat dalam Undang-Undang Nomor 7 Tahun 2021 ditetapkan tanggal 29 Oktober 2021, Undang-Undang ini mengatur tentang berbagai hal seperti perubahan NIK menjadi NPWP, Tarif PPN, Tarif PPH, Pajak Karbon, hingga tax amnesty jilid II. Hal tersebut tentu menuai pro dan kontra dari berbagai kalangan masyarakat.  Oleh karena itu, pada hari Sabtu, 16 Juli 2022, Prodi D3 Perpajakan menggelar webinar dengan mengusung tema “Reformasi perpajakan Pasca Terbit UU HPP terhadap PPN dan NPWP pada Era Post-Pandemic “ melalui media Zoom Cloud Meeting.

Webinar tersebut membahas mengenai dampak kenaikan PPN yang ditinjau dari tiga sudut pandang yang berbeda yakni dari sisi Fiskus , Konsultan Pajak, dan Akademisi. Narasumber dari pihak fiskus adalah Ir. Yudha Wijaya, MEC (Penyuluh Pajak Ahli Madya DJP ) , pihak Konsultan pajak diisi oleh B.Bawono Kristiaji, S.E., M.S.E., M.Sc., ADIT (Partner, DDTC – Fiscal Research & Advisory) dan dari pihak Akademisi diisi oleh Dosen Universitas Airlangga yakni Bani Alkausar, S.PN., M.S.A., BKP., CAPF.

Rencana pemerintah menaikkan tarif Pajak Pertambahan Nilai (PPN) sudah mulai dilaksanakan sejak April 2022 . penyesuaian PPN sebesar 11% telah diatur dalam Undang-undang Harmonisasi Peraturan Pajak (UU HPP). Penyesuaian PPN akan dilakukan secara bertahap di mana pada 2025 akan menjadi 12%. Hal tersebut dibahas tuntas oleh Ir. Yudha Wijaya, MEC selaku Penyuluh Pajak Ahli Madya DJP.

Setelah pembahasan tuntas mengenai kenaikan PPN , sesi selanjutnya membahas mengenai Penggunaan NIK sebagai NPWP . Penggunaan NIK sebagai NPWP  sendiri dapat memberikan kemudahan dan kesederhanaan dalam pelaksanaan hak dan kewajiban pajak. Menurut  B.Bawono Kristiaji Integrasi basis data kependudukan dengan sistem administrasi perpajakan bertujuan mempermudah WP orang pribadi melaksanakan pemenuhan hak dan kewajiban perpajakan demi kesederhanaan administrasi dan kepentingan nasional.

Sebagai mahasiswa perpajakan dan tentunya warga Indonesia, kami sangat sadar akan pentingnya membayar pajak dalam kehidupan kita.

“Pajak Kuat Indonesia Maju”

Penulis : Lutfia , Natasya Dewanti

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!