VOKASI UNAIR

Advanced Excel 2022

VOKASI NEWS – Advanced excel adalah sebuah program kerja baru di himpunan mahasiswa D3 akuntansi Universitas Airlangga yang bertemakan “Upgrade Your Excel Skills and Push Your Limit”. Kegiatan dari program kerja ini berupa pelatihan excel dengan mengundang narasumber dari lembaga Elips Academy dan dilaksanakan pada hari Sabtu tanggal 23 Juli 2022 pukul 08.00- 15.20 di ruang 302, gedung A, Fakultas Vokasi, Kampus B, Universitas Airlangga. Pada pelatihan ini juga menerapkan pre test untuk menguji kemampuan peserta diawal yang dikirim pada hari Jumat tanggal 22 Juli 2022 dan dapat dikerjakan dalam kurun waktu antara pukul 16.00-18.00 WIB.

Pelatihan ini bertujuan untuk mewadahi mahasiswa dari berbagai universitas, khususnya mahasiswa D3 Akuntansi Universitas Airlangga yang ingin menambah skill dan wawasan di bidang Microsoft Excel. Oleh karena itu, Advanced Excel 2022 ini mengundang narasumber dari lembaga Elips Academy yaitu, Bapak Dwi Widodo, S. E. yang merupakan seorang tentor freelance di Elips Academy dan memiliki kemampuan di bidang Microsoft Excel.

Pelatihan ini diawali dengan menyanyikan lagu Indonesia Raya dan Hymne Airlangga kemudian sambutan dari ketua himpunan mahasiswa D3 Akuntansi yaitu, saudara Mikola Aqsal Manggolo dan dilanjutkan sambutan sekaligus pembukaan acara oleh Ibu Izmi Dwira Eriani, S.A., M.A. selaku pembina himpunan mahasiswa D3 akuntansi Universitas Airlangga.

Pada acara inti atau pemaparan materi yang dilakukan selama dua sesi oleh narasumber dengan menerapkan implementasi dari kasus per sub-bab yang dibahas sehingga membuat peserta lebih mudah memahami setiap sub-bab yang ada. Apalagi, dengan dilaksanakan secara offline membuat para peserta mudah untuk bertanya secara langsung dan narasumber dapat langsung membantu dan membimbing peserta yang belum paham. Namun, dalam acara sesi tanya jawab hanya ada satu orang peserta yang bertanya karena dalam pemaparan dan implementasi para peserta banyak yang bertanya secara langsung ke narasumber.

Setelah penyampaian materi sesi pertama selesai dilanjutkan dengan ISHOMA. Setelah ISHOMA berakhir, para peserta memasuki ruangan dan dilanjutkan dengan pemaparan serta implementasi materi sesi kedua oleh narasumber. Setelah itu dilanjutkan dengan sesi tanya jawab lalu dilanjut sesi game. Pada sesi game ini peserta merasa antusias menebak game yang ada bahkan banyak dari mereka yang tertawa karena jawaban yang benar berbeda dengan jawaban mereka. Setelah membangkitkan kembali semangat para peserta melalui game dilanjutkan dengan sesi post test. Pada sesi post test ini peserta mengerjakan soal selama 15 menit. Kemudian dilanjut dengan coffe break yang dipandu oleh MC dengan mengajak para peserta berinteraksi dan menjawab pertanyaan mengenai kesan dan pesan dari acara pelatihan ini. Sembari MC mengajak para peserta berkomunikasi, panitia bersiap mencari 2 pemenang dari post test yang diberikan. Setelah coffee break berakhir dilanjut dengan awarding yang di mana ketua pelaksana Advanced Excel 2022 menyerahkan hadiah kepada 3 kategori pemenang, yaitu 2 nilai tertinggi post test dan peserta teraktif kemudian dilanjut dengan pengisian ulasan terhadap lembaga Elips Academy dan dilanjut dengan sesi foto bersama serta penutupan acara oleh MC.

Penulis : Puji Rahayu

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!