VOKASI UNAIR

Abdi Desa IX ; Semangat Meraih Cita Untuk Desa Tanggap

VOKASI NEWS – Hima Teknik Gigi Universitas Airlangga telah berhasil melaksanakan kegiatan Abdi Desa ke IX. Abdi Desa merupakan program kerja departemen Pengabdian Masyarakat Hima Teknik Gigi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Program kerja tersebut merupakan program kerja unggulan dari prodi Teknik Gigi. Kegiatan Abdi Desa IX dilaksanakan 2 hari yaitu pada hari Rabu (13/07/2022) dan Kamis (14/07/2022) yang bertempat di Desa Candisari, Kecamatan Sambeng, Kabupaten Lamongan. Kegiatan tersebut berjalan dengan lancar meskipun ada beberapa hal yang harus diubah. Abdi Desa tahun ini menggandeng delegasi dari 3 program studi Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, yaitu delegasi prodi Paramedik Veteriner, Teknologi Laboratorium Medis, dan Pengobatan Tradisional. Total seluruh panitia termasuk delegasi prodi yaitu 66 orang.

Kegiatan Abdi Desa IX pada hari pertama yaitu hari Rabu tanggal 13 Juli 2022 dimulai pada pukul 11.00 WIB. Diawali dengan pembukaan yang kemudian dilanjut sosialisasi kesehatan gigi dan mulut. Kegiatan sosialisasi gigi dan mulut ditujukan kepada 2 sasaran ditempat yang berbeda dan dalam waktu yang sama. Untuk sasaran pertama yaitu warga desa Candisari yang bertempat di balai desa dan sasaran kedua yaitu anak-anak SDN Candisari 1 yang bertempat di ruang kelas. Kegiatan selanjutnya yaitu penyuluhan kesehatan hewan ternak kepada peternak dan pemberian bolus untuk sapi yang dibantu oleh delegasi prodi Paramedik Veteriner. Kemudian pada sore harinya ada berbagai lomba yang diikuti oleh anak-anak desa setempat. Lalu di malam hari ada nobar (nonton bareng) film yang dihadiri oleh anak-anak desa beserta karang taruna.

Kegiatan Sosialisasi Anak SDN 1 Candisari

Pada hari kedua, tanggal 14 Juli 2022 kegiatan diawali dengan senam pagi bersama ibu-ibu PKK. Kemudian dilanjut dengan sosialisasi pembuatan sirup dan pemberian jamu Rosella oleh delegasi prodi Pengobatan Tradisional, cek kesehatan gula darah, tensi, dan asam urat oleh delegasi prodi Teknologi Laboratorium Medis, pasar murah, dan yang terakhir yaitu pemeriksaan gigi dan mulut oleh dosen-dosen Teknik Gigi. “Kegiatan hari ini berjalan dengan lancar dan warga-warga antusiasnya sangat tinggi terhadap kegiatan Abdi Desa ini.” Ujar Nina Tsabitah Diagustin, Ketua Pelaksana Abdi Desa IX.

Protokol kesehatan juga sangat diperhatikan mengingat masih dalam kondisi pandemi Covid-19, mulai dari menggunakan masker dan selalu menjaga kebersihan. “Kami juga memberikan handsanitizer kepada anak-anak untuk mengajak mereka untuk selalu menjaga kebersihan” Ujar Nina sebagai penutup wawancara.

Penulis : Nina Tsabitah Diagustin

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!