VOKASI UNAIR

Webinar Series of English Business Relation 2022

VOKASI NEWS – English Business Relation (EBR) merupakan event yang diadakan oleh program studi D-III Bahasa Inggris Universitas Airlangga dan dikemas dalam bentuk webinar series yang berlangsung selama 3 hari. Latar belakang diadakannya EBR untuk membangkitkan semangat generasi muda dalam sektor bisnis. Hari pertama webinar EBR telah dilaksanakan pada tanggal 11 Juli 2022 dengan mengusung tema “Youth Entrepreneur is Possible.” Webinar EBR pada hari pertama telah memaparkan tips and trick memulai suatu usaha dari nol secara mendalam. Pemaparan tersebut berlandaskan dari adanya fenomena yang tengah terjadi karena banyaknya wirausahawan muda muncul dengan mengusung produk mereka yang inovatif. Webinar pada hari pertama yang bertajuk bisnis ini diharapkan dapat membangkitkan jiwa kewirausahaan yang terpendam dalam diri generasi muda yang takut akan kegagalan sebelum memulai bisnis. Berdasarkan serangkaian materi yang telah dipaparkan pada hari pertama diharapkan dapat bermanfaat bagi para peserta. Selepas acara tersebut, webinar yang mengusung tema “Key Success for Business Branding” telah dilaksanakan pada tanggal 13 Juli 2022. Pemaparan mengenai business branding pun sukses menarik perhatian para peserta webinar dari berbagai kalangan. Pemateri pada webinar ini memberikanmateri dengan harapan generasi muda dapat memperoleh pemahaman lebih lanjut mengenai kunci kesuksesan dalam branding bisnis. Di akhir acara, pemateri tak luput memberikan tips and trick kepada para peserta webinar. Selanjutnya, webinar dengan tema “Build Your Personal Branding and Start Your Future Career” yang telah dilaksanakan pada tanggal 16 Juli 2022 ini memaparkan poin-poin penting yang dipandang sebagai hal yang penting untuk dipersiapkan generasi muda sebelum memasuki dunia kerja. Materi yang disampaikan oleh pemateri pun sukses menarik perhatian peserta webinar yang dibuktikan dengan banyaknya pertanyaan yang diutarakan peserta webinar dalam sesi tanya jawab.

EBR tahun ini cukup berbeda dengan tahun sebelumnya,pada tahun sebelumnya hanya diselenggarakan oleh departemen PSDM. Namun, tahun ini berbeda karena PSDM berkolaborasi dengan 2 Departemen lainnya yaitu Kewirausahaan dan Keilmuan. Ketiga departemen ini mendapatkan tanggung jawab untuk melaksanakan program kerja EBR ini karena 3 departemen tersebut memiliki tujuan yang satu laras dengan konsep EBR. Sebagai contoh, PSDM selaku departemen pengembangan sumber daya manusia dapat berkaitan dengan tujuan dalam meningkatkan kualitas sumber daya manusianya. Para peserta dapat meningkatkan kapasitas dan kemampuan melalui program EBR yang diselenggarakan dalam webinar series. Selanjutnya departemen Kewirausahaan dapat berkaitan dengan tujuan dasar departemen dalam meningkatkan jiwa kewirausahaan, EBR merupakan program kerja yang terintegrasi dengan pengenalan kewirausahaan itu sendiri. Sedangkan, departemen Keilmuan berkaitan dengan tujuan dasar departemen dalam pembelajaran yang dapat diambil untuk diimplementasikan. Oleh karena itu, ketiga departemen tersebut dipilih untuk mengkoordinir program kerja EBR karena dirasa selaras dengan tujuan diadakannya program kerja ini.

Tiga tema yang diusung pada EBR kali ini merupakan tema yang berkesinambungan. Karena kita berusaha memberi setiap step dari awal cara merintis bisnis, yang kedua bagaimana cara agar bisnis tersebut tetap laku di pasaran dan terakhir bagaimana diri kita siap memulai bisnis. Beberapa opsi diberikan kepada peserta EBR untuk meniti karir di masa depan. Kita berusaha memberikan mereka perspektif kuat bahwa generasi muda pun bisa berbisnis loh. Seperti yang kita bahas pada hari pertama yang mengusung tema “Youth Entrepreneur is Possible.” Tujuan kami adalah memberikan mereka semangat dalam memulai bisnis dan mengembangkan bisnis mereka yang kita kupas dalam webinar kedua yaitu “Key Success for Business Branding.” Tentunya disini kita berusaha memberikan perspektif bahwa selain berbisnis, kalian juga tetap bisa menjadi tenaga kerja dan mempersiapkan diri untuk karir yang lebih baik. Selanjutnya akan yang kita bahas pada hari ketiga yaitu “Build Your Personal Branding and Start Your Future Career.” Dari beberapa hal tersebut, dapat kita tegaskan lagi bahwa kami berusaha untuk memberikan opsi-opsi lain bagi peserta EBR agar lebih tepat menentukan tujuan karir mereka sehingga kita memilih 3 tema tersebut.

Sering para pebisnis muda kesulitan dalam menjalankan atau mengelola usahanya dan kemungkinan terburuknya usaha yang mereka kelola bisa saja berhenti atau bangkrut, dengan diadakannya webinar EBR ini dapat memberikan peserta EBR saran, pengetahuan, dan langkah baru yang dapat membantu mereka menata masa depan, sehingga ketika mereka telah selesai di bangku perkuliahan, mereka sudah siap dan mantap untuk melangkah di dunia kerja secara tepat, baik menjadi pebisnis ataupun sebagai tenaga kerja.

Penulis : Talitha Puteri Shabirah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!