VOKASI UNAIR

D3 Akuntansi Selenggarakan Pengabdian Masyarakat Vol.I di UMKM Kampung Batik Jetis Sidoarjo

VOKASI NEWS – Pengabdian masyarakat adalah suatu program kerja Departemen Sosial dan Masyarakat Himpunan Mahasiswa D3 Akuntansi yang merupakan salah satu wujud pengamalan tri darma perguruan tinggi. Kegiatan pengabdian masyarakat ini dilaksanaka pada hari sabtu 16 juli 2022 pada pukul 09.00 WIB melalui zoom meeting. Kegiatan pengabdian masyarakat tahun ini mengusung tema “Pendampingan Penyusunan Laporan Keuangan dan Aspek Perpajakan bagi Pelaku UMKM di Paguyuban Batik Jetis Sidoarjo.”

Kegiatan pengabdian masyarakat ini merupakan lanjutan dari kegiatan pengabdian masyarakat tahun lalu dengan materi yang berbeda sesuai dengan kendala yang ada pada Paguyuban Batik Jetis Sidoarjo. Tujuan dari kegiatan ini yaitu memberi solusi atas kendala yang ada serta menyalurkan ilmu-ilmu yang didapat pada saat perkuliahan. Kegiatan ini dihadiri oleh 4 perwakilan UMKM (Usaha Mikro Kecil Menengah) Kampung Batik, perwakilan dosen D3 Akuntansi Fakultas Vokasi sebagai pendamping dan 2 mahasiswi D3 Akuntansi Fakultas Vokasi sebagai pemateri.

Penyampaian materi pertama disampaikan oleh Galuh Candrawati dengan judul “Laporan Keuangan UMKM dan Penempatan Akun-Akun pada Laporan Keuangan.” Lalu untuk penyampaian materi kedua disampaikan oleh Erika Ayu Andiri dengan judul “Pengisian dan Pelaporan SPT Tahunan WPOP atau WP Badan.”

Pada saat kegiatan berlangsung terdapat sesi tanya jawab dan sharing antara dosen pendamping Ibu Anisa Fitri Sya Bania, S.E., M.A, pemateri dan pelaku UMKM terkait materi yag telah disampaikan.

Setelah sesi tanya jawab dan juga sharing, terdapat sesi kuis sebagai review terkait materi yang telah disampaikan. Sesi kuis hanya dipilih 2 pemenang dengan score terbanyak dan mendapatkan hadiah sebagai bentuk apresiasi. Setelah sesi kuis berakhir, terdapat sesi dokumentasi bersama peserta dan panitia kegiatan pengabdian masyarakat serta menjadi penutup dari kegiatan pengabdian masyarakat Volume I 2022.

Penulis: Nur Rochmatul Laili

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!