VOKASI UNAIR

Dukung Program Pemberdayaan Desa, D3 Sistem Informasi Kembangkan Portal Online Desa

Rachman Sinatriya M, B.Eng., M.Sc.. (kiri) dan Syaiful Huda Kepala Desa Sajen saat memberikan sambutan dalam Bimbingan Teknis Portal Online Desa Sajen (27/08/2022) (Foto:D3SI Vokasi)

VOKASI NEWS – Perkembangan teknologi yang semakin pesat memungkinkan untuk memperoleh berbagai macam informasi dimanapun dan kapanpun ia berada. Hal tersebut tentu sangat mempengaruhi pola konsumsi masyarakat baik di Indonesia maupun dunia. Indonesia sebagai salah satu negara berkembang dengan potensinya sebagai salah satu destinasi wisata baik lokal maupun mancanegara, tentu sangat bergantung dengan pola konsumsi yang ada pada era informasi saat ini. Fenomena konsumtif di era informasi ini sangat berpotensi dalam meningkatkan performa dari adanya potensi obyek wisata di suatu wilayah. Berdasarkan latar belakang masalah tersebut melalui pemanfaatan teknologi informasi dan pelatihan teknis diharapkan mampu meningkatkan potensi Desa Sajen sebagai salah satu obyek pariwisata di Jawa Timur, Indonesia. Desa Sajen sendiri memiliki potensi dalam pariwisata yang didukung selain dari sumber daya alamnya, juga didukung dengan potensi-potensi kerajinan dari sumber daya manusia yang ada dan tinggal di Desa Sajen tersebut.

Berdasarkan situasi tersebut, Alifian Sukma, S.Kom., M.Kom, bersama dengan tim dari Dosen Sistem Informasi Universitas Airlangga (UNAIR) mengadakan pengabdian masyarakat dengan topik optimalisasi Desa Sajen dengan pengadaan portal online desa.

Sabtu, 27 Agustus 2022 tim dosen beserta mahasiswa Sistem Informasi melakukan pemaparan sekaligus pendampingan atau bimbingan teknis kepada para perangkat Desa Sajen terhadap platform portal desa yang telah dikembangkan.

‚ÄúSemoga kegiatan ini bisa di rasakan oleh semua masyarakat, karena di zaman seperti ini perubahan zaman terjadi secara cepat sehingga para perangkat desa harus bisa mengikuti perkembangan ini terutama di bidang teknologi” Ujar Syaiful Huda, Kepala Desa Sajen.

Suasana Bimbingan Teknis Portal Online Desa Sajen (27/08/2022) (Foto: D3 SI Vokasi)

Antusias terlihat dari keaktifan peserta pelatihan dengan bertanya lebih dalam mengenai tata-cara penggunaan portal online tersebut, hingga bagaimana potensi pengembangan dari portal online tersebut sehingga dapat selaras dengan beberapa program kerja Desa Sajen. Antusias tersebut tentu mendapat respon positif Koordinator Program Studi (kaprodi) D3 Sistem Informasi, Rachman Sinatriya M, B.Eng., M.Sc..

“Harapan kami pada kegiatan kali ini dapat berguna untuk perangkat Desa Sajen, dan kami harap kegiatan ini bukanlah yang terakhir kalinya di selenggarakan, dan semoga kedepannya dapat terjalin kerja sama lainnya. Dan dari kami sebenarnya ada kegiatan pendampingan desa yang bisa di selenggarakan selama 2 tahun. Mengingat sdm yang terdapat di Fakultas Vokasi mencakup banyak prodi yang dapat membantu perkembangan desa sajen.”Ujarnya. (*)

Penulis : Alifian Sukma, S.Kom., M.Kom

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!