VOKASI UNAIR

Membangun Jiwa Wirausaha Muda yang Kreatif dan Inovatif Melalui Rangkaian Kegiatan dalam ‘Vokasi Creative Festival’

VOKASI NEWS – Ekonomi kreatif memiliki peran yang penting untuk meningkatkan perekonomian negara. Industri kreatif diperlukan dalam rangka membangun ekonomi kreatif. Dalam industri kreatif, terdapat konsep dasar yang penting untuk menggeluti ide-ide industri kreatif, seperti menjalankan bisnis industri kreatif, atau bahkan me-review industri kreatif. Selain itu, Industri kreatif di Indonesia semakin berkembang setiap tahunnya. Berdasarkan data dari laporan OPUS Ekonomi Kreatif 2020, subsektor ekraf berkontribusi sebesar Rp1.211 triliun kepada Produk Domestik Bruto (PDB) nasional. Angka tersebut merupakan peningkatan dari tahun 2019 yang berkontribusi sebesar Rp1.105 triliun. Ini menunjukkan bahwa ekonomi Indonesia semakin dapat bersaing dan berinovasi dengan negara lain.

Menjadi seorang wirausaha perlu adanya strategi-strategi untuk dapat menemukan peluang-peluang bisnis. Orang yang memiliki kreativitas akan mencari peluang bisnis dengan strategi tertentu. Setiap orang pada dasarnya sudah memiliki kreativitas di dalam dirinya. Namun kreativitas tersebut perlu diasah atau dikembangkan. Semakin kreatif seseorang, semakin memiliki kemungkinan untuk menciptakan sebuah ide bisnis baru. Dalam hal ini mahasiswa dan masyarakat umum akan diberikan wadah untuk mengasah kreativitas khususnya dalam bidang wirausaha yang akan memberikan ilmu dan pengalaman serta prakteknya dalam mencari ide bisnis juga mengembangkan kreativitas para mahasiswa dan masyarakat umum.

“Guna mewujudkan hal tersebut, perlu adanya kegiatan yang nyata dan dapat membangkitkan semangat serta kerjasama secara aktif, produktif, dan edukatif sehingga akan mewujudkan rasa tanggung jawab, semangat belajar, kreatif serta berinovatif. Maka dari itu, Badan Eksekutif Mahasiswa Fakultas Vokasi Kementerian Ekonomi Kreatif dan Kemitraan, menyelenggarakan suatu acara atau program kerja yaitu Vokasi Creative Festival.”

Kegiatan ini akan menyelenggarakan perlombaan Business Plan, Reels Instagram dan Poster untuk mahasiswa dan umum. Kegiatan perlombaan diadakan secara daring sejak bulan Juli awal hingga Agustus. Acara puncak Vokasi Creative Festival ialah berupa talkshow dan bazar UMKM wirausaha dengan mengundang pembicara dalam dunia wirausaha millenial yang dilaksanakan di Balai Pemuda Kota Surabaya bertepatan dengan HUT RI ke-77 pada 17 Agustus 2022. Diharapkan hasil yang didapatkan dari adanya acara Vokasi Creative Festival ini, mahasiswa dan masyarakat yang ingin mengembangkan kreativitasnya dalam bidang wirausaha kedepannya dapat memiliki bekal dan mampu mengembangkan usaha agar dapat menekan angka pengangguran di Indonesia.

Penulis : Nadiya Sahwa Sahlimar

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!