VOKASI UNAIR

Himpunan Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan Universitas Airlangga melakukan Pemberdayaan kepada Karang Taruna Desa Plumbon melalui Pelatihan Digital Marketing untuk Meningkatkan Branding BUMDes PONTRAS Plumbon Melalui Kegiatan P2MD 2022

VOKASI NEWS – Plumbon merupakan sebuah desa yang memiliki potensi sebagai desa wisata. Plumbon terletak di Kecamatan Porong, Kabupaten Sidoarjo, Jawa Timur. Sebagian besar wilayahnya berupa tambak yang berpotensi menjadi desa wisata kolam pancing. Berdasarkan hasil observasi pada desa Plumbon, diketahui bahwa beberapa kegiatan di desa tersebut masih belum terkelola dengan baik seperti karang taruna yang baru saja terbentuk dan belum memiliki agenda atau kegiatan apapun. Dari poin ke empat SDGs yaitu Quality Education dan poin ke delapan yaitu Decent Work and Economic Growth, maka untuk mengatasi permasalahan tersebut karang taruna mendapatkan kesempatan mempelajari lebih dalam mengenai digital marketing untuk meningkatkan pendapatan hasil produksi dan branding wisata kolam pancing Plumbon melalui kegiatan P2MD yang diselenggarakan oleh Himpunan Mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraaan.

Kegiatan P2MD 2022 dilaksanakan dalam kurun waktu +- 2 bulan yang dilaksanakan mulai tanggal 23 Juli sampai 11 September 2022. Pada tanggal 23 Juli 2022 dilaksanakan pembukaan kegiatan P2MD yang dihadiri oleh Pembina HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan yaitu Ibu Amilia Kartika Sari S.Tr.Kes.M.T, Kepala Desa Plumbon Bapak Drs. H. Makhrus Minas Suhudi, S.E, M.M, dan anggota Karang Taruna Cahaya Muda Desa Plumbon. Sesi pembukaan ditutup dengan penyerahan plakat oleh Pembina HIMA D4 Teknologi Radiologi Pencitraan, Ibu Amillia Kartika Sari, S.Tr,Kes. M.T. kepada Kepala Desa Plumbon Bapak Drs. H. Makhrus Minas Suhudi, S.E, M.M.

 Setelah acara pembukaan dilanjutkan dengan kegiatan utama P2MD 2022 yaitu penyuluhan digital marketing dengan pemateri dari Agensi Konstelasi Visi yang beranggotakan empat orang yaitu Syaidina Hamza Arifin, Arvian Raynardhy, Priyohadi, dan Zinedine Zidane Syahrani. Penyuluhan digital marketing ini memaparkan mengenai pengertian digital marketing, esensi digital marketing, tips dan trik pemanfaatan digital marketing, langkah-langkah pemanfaatan digital marketing, content writing dan content writing, dan website development.

Pada tanggal 7 Agustus 2022 dilaksanakan pelatihan digital marketing di Balai Desa Plumbon. Kegiatan pelatihan digital marketing untuk karang taruna dibagi menjadi empat kelompok yang terdiri dari kelompok foto dan video, sosial media, desain, dan website. Kegiatan ini dilakukan secara langsung atau terjun ke lapangan untuk menguasai skill yang dibutuhkan seperti kelompok video dan foto yang langsung terjun ke area sawah, tambak, dan kolam pancing untuk mengikuti pelatihan mengenai beberapa teknik yang harus dimiliki dan dikuasai sebagai seorang fotografer dan videografer.

Pada tanggal 21 September 2022 dilaksanakan pelatihan lanjutan mengenai digital marketing beserta evaluasi akhir untuk mengetahui seberapa besar manfaat dan dampak dari kegiatan yang telah dilakukan oleh panitia HIMARO. Selain itu, terdapat kegiatan tambahan yakni medical check up di Balai Desa Plumbon dari pukul 15.00 sampai 18.00. Kegiatan medical check up bertujuan untuk meningkatkan kegiatan produktivitas harian warga Plumbon. Medical check up terdiri dari pemeriksaan berat badan, tensi tekanan darah, asam urat, dan gula darah. Kegiatan medical check up diikuti dari kalangan muda sampai lanjut usia.

 Kegiatan P2MD ditutup dengan evaluasi bersama para pejabat desa tentang kegiatan P2MD dengan  berbagai kegiatan dan didapatkannya output yang diinginkan, serta adanya manfaat yang berkelanjutan untuk Desa Plumbon dari kegiatan P2MD 2022. Harapannya semoga dengan kegiatan pemberdayaan karang taruna melalui digital marketing ini, BUMDes pontras dapat berkembang dan lebih dikenal oleh masyarakat luas seperti rencana awal didirikannya BUMDes pontras, khususnya wisata kolam pancing serta menjadi bekal bagi perkembangan Desa Plumbon menuju Desa Wisata atau Tourism Village seperti yang dicanangkan oleh Bapak Kepala Desa Plumbon.

Penulis : Intan Mardova

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!