VOKASI UNAIR

D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Unair Selenggarakan Airlangga Innovation Technology Competition 2022

VOKASI NEWS – (02/10/2022) D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Kembali menggelar acara Grand Final AIRLANGGA INNOVATION TECHNOLOGY COMPETITION (AITC 2022) secara hybrid, setelah 1 tahun di selenggarakan secara online akibat pandemic Covid-19. AITC adalah acara tahunan yang dilaksanakan oleh D4 Teknologi Rekayasa Instrumentasi dan Kontrol Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. 

Pada AITC 2022 kali ini berbeda dengan tahun-tahun sebelumnya karena  melombakan 2 kategori lomba, yaitu yang pertama kategori Inovasi Teknologi (IT) yang diikuti oleh siswa SMA/SMK/MA sederajat di Indonesia dan yang kedua kategori Lomba Karya Tulis Ilmiah Nasional (LKTI-N)  yang diikuti oleh mahasiswa seluruh Indonesia. AITC 2022 mengangkat tema “Modern Solutions With Advance Technology” dengan berbagai sub tema disetiap perlombaan.

Didalam perlombaan ini diikuti oleh peserta yang tidak hanya dari Jawa Timur saja melainkan dari luar Jawa Timur bahkan ada yang dari luar pulau Jawa. Para peserta sebelumnya mengikuti serangkaian acara yang cukup Panjang dimulai dengan mengirimkankan abstrak/ide karya yang akan mereka susun. Dilanjut pada tahap kedua mengumpulkan abstrak/ide yang telah dibuat. Pada tahap ketiga adalah pengumuman lolos seleksi abstrak dan dilanjutkan menggerjakan full paper. Selanjutanya tahap keempat pengumpulan full paper. Lalu pada tahap yang kelima pengumuman lolos seleksi full paper untuk melanjutkan ke Grand Final. Pada tahap keenam peserta yang lolos Grand Final pada kategori Inovasi Teknologi membuat prototype karya yang akan dipresentasikan pada saat Grand Final dan pada kategori LKTI-N membuat ringkasan dari full paper untuk dipresentrasikan pada saat Grand Final.  Dan untuk tahap terakhir  yaitu Grand Final dengan masing-masing peserta mempresentasikan hasil karya mereka dihadapan para juri. Untuk babak Grand Final AITC 2022 dilaksanakan pada tanggal 02 oktober 2022 di Cendrawasih Hall Gedung C fakultas Vokasi Kampus B Universitas Airlangga. 

Tahun ini AIRLANGGA INNOVATION TECHNOLOGY COMPETITION 2022 menggeluarkan tiga pemenang disetiap kategori. Untuk kategori Inovasi Teknologi Juara 1 diraih oleh Tim Starsystem dari SMKN 1 Arosbaya, Juara 2 diraih Tim Skubersda dari SMK 10 November Sidoarjo, dan Juara 3 diraih Tim Atriline dari SMKN 10 Surabaya. Lalu, untuk kategori LKTI-N Juara 1 diraih Tim Juara dari UIN Sunan Kalijaga, juara 2 diraih Tim menang dari Universitas Jember, dan juara 3 diraih Universitas Andalas.

Dengan adanya AIRLANGGA INNOVATION TECHNOLOGY COMPETITION 2022 kali ini, seluruh peserta diharapkan dapat memperoleh ilmu baru dan dapat mengimplementasikan karya atau prototype yang telah dipaparkan kepada juri sehingga dapat mendukung serta menambah wawasan  peserta untuk ikut ambil bagian pada revolusi  industry 4.0 dan mengembangkan kreatifitas baru khususnya pada bidang teknologi.

Penulis: Suryo Terto Noto Hadi Wijoyo

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!