VOKASI UNAIR

Sosialisasi Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2023

VOKASI NEWS – Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Akademi Pendidikan Tinggi Vokasi menyelenggarakan kegiatan sosialisasi Program Sertifikasi Kompetensi dan Profesi Mahasiswa Vokasi Tahun 2023 pada tanggal 24 Februari 2023. Kegiatan ini dilaksanakan secara daring melalui Zoom Meeting.

Tujuan dari kegiatan ini adalah untuk meningkatkan kemampuan Politeknik/PTPPV sebagai penyelenggara Pendidikan Tinggi Vokasi dalam menyiapkan lulusan yang kompeten dan profesional sesuai dengan level KKNI-nya, meningkatkan kompetensi dan profesionalitas mahasiswa pendidikan tinggi vokasi sesuai dengan kompetensi utamanya, meningkatkan penyerapan lulusan pendidikan tinggi vokasi dalam pasar kerja lokal dan nasional, meningkatkan civil effect dari sertifikat kompetensi yang dihasilkan, serta meningkatkan daya saing lulusan pendidikan tinggi vokasi untuk bersaing secara global dalam pasar kerja internasional.

Program ini akan dilaksanakan dengan mekanisme penyelenggaraan yang berlangsung dari Januari hingga Desember 2023. Jumlah total mahasiswa yang mendapat dana bantuan adalah 4500 orang dan difokuskan pada bidang-bidang permesinan, konstruksi, ekonomi kreatif, pariwisata, pertanian, dan industri jasa, serta bidang yang mendukung keenam fokus bidang tersebut.

Jenis Sertifikat

Ada dua jenis sertifikat yang akan diterbitkan yaitu sertifikat yang diterbitkan oleh Pihak Pertama (LSP-P1) dan diakui oleh industri atau masyarakat pada tingkat nasional dan sertifikat yang diterbitkan oleh Pihak Ketiga (LSP-P3) dan diakui oleh industri atau masyarakat pada tingkat nasional.

Bantuan diberikan dalam bentuk dana tunai yang akan ditransfer ke rekening PTPPPV penerima bantuan. Dengan adanya bantuan ini diharapkan dapat meningkatkan kompetensi dan profesionalitas mahasiswa pendidikan tinggi vokasi sehingga lulusan dapat lebih mudah terserap di pasar kerja lokal dan nasional. Selain itu, diharapkan juga dapat meningkatkan daya saing lulusan pendidikan tinggi vokasi dalam pasar kerja internasional. Sertifikat kompetensi yang dihasilkan akan memberikan dampak positif pada civil effect, yakni pengaruh terhadap jabatan atau remunerasi.

Kegiatan ini merupakan salah satu upaya Direktorat Jenderal Pendidikan Vokasi Direktorat Akademi Pendidikan Tinggi Vokasi dalam meningkatkan kualitas lulusan pendidikan tinggi vokasi dan membuka peluang kerja bagi mereka di masa depan. Semoga program ini dapat berjalan dengan lancar dan memberikan manfaat yang besar bagi para mahasiswa pendidikan tinggi vokasi di Indonesia.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!