VOKASI UNAIR

Pembagian Tanaman Toga Kepada Warga RW 4 Teluk Amurang Perak Utara Dalam Rangka Penutupan PBL Mahasiswa Pengobat Tradisional UNAIR

VOKASI NEWS – Mahasiswa Pengobat Tradisional menggelar aksi untuk peduli terhadap masyarakat salah satunya pada warga jalan Teluk Amurang RW. 04 Perak Utara, Sabtu (1/4/2023) dan dilanjut dengan acara penutupan Problem Based Learning (PBL), Minggu (2/4/2023). Warga tersebut menyelenggarakan kegiatan ini dengan tujuan agar masyarakat lebih memahami bagaimana cara mencegah dan mengobati secara mandiri melalui pendekatan tradisional seperti herbal, nutrisi, akupuntur, akupresur dan pemijatan pada titik refleksi.

Melalui wewenang dari Dosen Pembimbing prodi Pengobat Tradisional dan izin pejabat RW. 04 jalan Teluk Amurang, Mahasiswa mengadakan pembagian tanaman toga PBL dalam Pengabdian Masyarakat dengan pendekatan Pengobatan Tradisional menjadi Upaya Peningkatan Taraf Kesehatan dengan Pengobat Tradisional Menuju Indonesia Emas 2045 secara offline di jalan Teluk Amurang No.16, Sabtu (1/4/2023).

Penyuluhan PBL diikuti oleh 30 peserta dari warga jalan Teluk Amurang RW. 04 dan mahasiswa program studi Pengobat Tradisional dengan didampingi oleh dosen pendamping lapangan. Semangat para peserta dalam pembagian tanaman toga berkobar serta aktif dalam penyampaian pertanyaan mengenai kesehatannya dan manfaat dari beberapa tanaman toga yang dibagikan. Penutupan acara yang disambut langsung oleh Dosen Pembimbing dan Ketua RW 4 Teluk Amurang Perak Utara, Minggu (2/4/2023).

“Terimakasih kepada mahasiswa Pengobat tradisional Unair yang telah menyelenggarakan acara ditempat ini dan warga selama ini hadir dari pertemuan minggu ke satu sampai dengan kesepuluh. Saya sangat berterima kasih kepada teman-teman mahasiswa terkait kegiatan ini membantu sekali di warga RW 4 karena yang awalnya belum mengenal pengobatan tradisional atau herbal mulai bisa mengetahui Proses hingga khasiat dari tanaman toga yang telah dibagikan dan nantinya bisa digunakan kebutuhan sehari-hari untuk pengobatan secara herbal,” ungkap Pak Purnomo.

Bu Tri juga turut memberikan ucapan,

“Terima kasih kepada Bapak Ibu Dosen dan Mahasiswa Unair semoga tanaman yang telah dibagikan bermanfaat untuk seluruh warga rw 4.Tanjung Perak. Khasiat dan kegunaan toga bertambah pengetahuan tentang tanaman obat keluarga, penutupan PBL mahasiswa Unair Surabaya kepada RW 4 Tanjung Perak keren. Terima kasih banyak,”

Disambung Bu sarpiati, menyampaikan

“Terimakasih kepada mahasiswa Unair atas pengobatannya dan pemberian tanaman toga yang banyak manfaatnya. Saya yang awalnya sakit pada tangan saya jadi sudah tidak sakit lagi, sekali saya ucapkan terimakasih kepada mahasiswa Pengobat tradisional Unair,”

Sementara itu, Dosen Pembimbing Prodi Pengobat Tradisional, Myrna Adianti, S.Si., M.Kes., Ph.D. Saya selaku pembina adik adik battra disini mengucapkan terimakasih banyak atas bantuannya bapak dan ibu warga RW 4 Teluk Amurang Perak Utara yang sudah menerima adik adik mahasiswa disini untuk menerapkan ilmunya dalam pengabdian masyarakat sehingga adik adik mahasiswa ini bisa mengaplikasikan dan bisa membayangkan yang
dipelajari dimana kalau di masyarakat itu seperti apa dan nantinya akan menjadi bekal yng sangat berharga dan menjadi langkah awal sebuah kesuksesan. Harapannya masyarakat juga akan mendapat manfaat dari kegiatan ini terutama tentang edukasi kesehatan dan semakin membuka wawasan tentang pengobatan tradisional yang bisa diaplikasikan secara benar dan aman. Sekali lagi saya ucapkan terimakasih kembali kepada seluruh warga RW 4 Teluk Amurang dan saya izin pamit.

Penulis: Arum Prihandini (D4 Pengobat Tradisional)
Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!