VOKASI UNAIR

Latih Keterampilan Kerja, Mahasiswi D-III Perpustakaan Berbagi Pengalaman Magang di SDN Airlangga I/198 Surabaya

VOKASI NEWS – Sehubungan dengan program wajib dari prodi, mahasiswi DIII Perpustakaan Universitas Airlangga yang beranggotakan 2 mahasiswi yaitu Ersafitri Rachmadiani dan Fathimah Mustabsyiroh M berkesempatan untuk melatih keterampilan kinerja selama mendapatkan ilmu dalam perkuliahan dengan melaksanakan kegiatan magang di Perpustakaan SDN Airlangga I/198 Surabaya.

Dalam melatih keterampilan kegiatan magang tersebut, mahasiswi melaksanakan magang terhitung selama 3 bulan sejak tanggal 02 Januari 2023 hingga 24 Maret 2023. Kedua mahasiswi ini disambut oleh pihak sekolah dengan baik, baik dari kepala sekolah, guru, maupun pustakawan yang ada di perpustakaan sekolah SDN Airlangga I/198 Surabaya.

Kegiatan yang dilakukan selama melatih keterampilan kinerja kegiatan magang di SDN Airlangga I/198 Surabaya adalah sebagaimana telah dipelajari sebelumnya di bangku perkuliahan, lalu mengimplementasikan keterampilan kinerja tersebut kedalam kegiatan magang. Adapun kegiatan magang tersebut yaitu melakukan pelayanan terhadap pemustaka serta ikut serta Kegiatan Wajib Baca (KWB), pengklasifikasian koleksi sesuai dengan DDC (Dewey Decimal Classification), labelling, shelving koleksi, menyampul buku, membuat kartu buku, dan input data koleksi kedalam portal perpustakaan InlisLite.

Dengan perkembangan zaman teknologi saat ini perpustakaan dapat memudahkan siswa-siswi untuk mencari informasi khususnya untuk dapat menambah minat baca. Selama pelaksanaan magang banyak siswa dan siswi SDN Airlangga I/198 Surabaya memanfaatkan perpustakaan untuk membaca buku, bermain, menonton yang mengandung literasi serta memanfaatkan taman baca untuk kegiatan story telling. Tidak hanya itu, terdapat siswa-siswi yang memiliki kelebihan khusus (inklusi) juga dapat memaksimalkan dan ikut serta dalam minat baca yang ada di perpustakaan.

Semoga dengan adanya kegiatan keterampilan kerja dalam berbagi pengalaman magang ini di SDN Airlangga I/198 dapat memanfaatkan fasilitas dan layanan perpustakaan di sekolah serta menumbuhkan minat baca dalam kecintaan siswa-siswi terhadap buku dengan gemar membaca.

Penulis : Ersafitri Rachmadiani dan Fathimah Mustabsyiroh M

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!