VOKASI UNAIR

Manfaatkan Kesempatan, Mahasiswi Magang D-III Perpustakaan UNAIR di SD Muhammadiyah 18 Surabaya Bawakan Storytelling dan Games Literasi Kepada Siswa-siswi Kelas 2

VOKASI NEWS – Program magang di D3 Perpustakaan UNAIR adalah saat-saat bagi mahasiswa menerapkan kembali ilmu teori dan praktik yang telah dikantongi selama masa kuliah. Magang ini dilakukan setelah mahasiswa telah menyelesaikan praktek kerja lapangan di semester sebelumnya dengan harapan mahasiswa dapat mengambil pengetahuan sebanyak-banyaknya untuk diterapkan kembali salah satunya di program magang ini. Dikarenakan saat magang, mahasiswa diharapkan dapat mengantongi masalah-masalah yang sedang dihadapi oleh lokasi magang untuk diberikan solusinya berdasarkan apa yang telah dipelajari semasa kuliah dan praktek kerja lapangan. Dengan adanya program magang inilah mahasiswa D3 Perpustakaan UNAIR bernama Siti Waritsatul Jannah berkesempatan untuk melaksanakan program magang di Perpustakaan SD Muhammadiyah 18 Surabaya.

Sejak senin, 09 Januari 2023 kegiatan magang dimulai dengan pelaksanaan program yang telah dipilih untuk mengatasi salah satu masalah utama yang sedang dihadapi oleh Perpustakaan SD Muhammadiyah 18 Surabaya, yaitu pengelolaan bahan koleksi berbasis sistem perpustakaan INLIS Lite untuk mengurangi pengelolaan bahan koleksi yang masih manual, seperti inventarisasi, pengadaan, dan manajemen koleksi. Di samping program utama tersebut, sambil memanfaatkan kesempatan di masa magang yang cukup panjang dan kebetulan ada kelas yang diungsikan tempat belajarnya di ruang perpustakaan karena adanya renovasi gedung, maka di sela-sela jam pulang dimanfaatkan oleh mahasiswa magang D3 Perpustakaan UNAIR untuk storytelling dengan membawakan cerita fabel berjudul “Hantu dan Rahasia Bubu” yang berisikan cerita tentang kehebatan hewan bunglon dalam bertahan hidup. Siswa-siswi kelas 2 cukup antusias dalam menyimak cerita hewan melata ini karena pemilihan cerita ini berdasarkan topik yang sedang banyak dibahas di jam-jam pelajaran berlangsung sehingga berkesinambungan dengan ilmu pengetahuan yang didapatkan sebelumnya. Melalui story telling tersebut tidak hanya memberikan pengetahuan baru bagi siswa-siswi kelas 2, tetapi juga sebagai salah satu promosi perpustakaan terhadap salah satu koleksi baru yang ada di perpustakaan. Nyatanya setelah storytelling dilakukan 2-3 siswa-siswi mulai meminjam dan membaca buku tersebut.

Sebetulnya, tidak hanya storytelling saja. Pemanfaatan kesempatan ini juga digunakan untuk pelaksanaan Games Literasi Suka-suka (Susun Kata) kepada  kelas 2. Di jam menjelang pulang kelas 2 kembali diajak untuk bermain sebentar dalam menyusun kata melalui clue yang diberikan melalui tebak gambar terlebih dahulu barulah dapat disusun katanya sesuai tebakan sebelumnya. Games literasi ini dapat meningkatkan daya berpikir siswa-siswi kelas 2 dikarenakan huruf diacak dan siswa-siswi harus menyusun huruf dari acak-acakan huruf yang ada dengan berbekal jawaban dari tebakan di awal. Tidak hanya kepada kelas 2 games ini juga diberikan ke beberapa kelas yang berkunjung ke perpustakaan untuk memperkenalkan kepada siswa-siswi SD Muhammadiyah 18 Surabaya bahwa berkunjung ke perpustakaan adalah kegiatan yang tidak membosankan dan malah sebaliknya karena banyak jalan yang dapat dilalui untuk meningkatkan minat baca anak.

Penulis : Siti Waritsatul Jannah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!