VOKASI UNAIR

Airvorse Preventing and Handling: Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual di Lingkungan Kampus Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – HIMA D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga mengadakan program kerja Airvorse Prevention and Handling (APH) yang bertujuan untuk meningkatkan pengetahuan dan kesadaran tentang pencegahan dan penanganan kekerasan seksual di lingkungan kampus D-III Keperawatan. Kegiatan ini bertujuan untuk mengurangi dan mencegah terjadinya kekerasan seksual di lingkungan kampus, serta menjadikan prodi D-III Keperawatan sebagai prodi yang peduli akan masalah Pencegahan dan Penanganan Kekerasan Seksual.

Kekerasan seksual merupakan masalah yang serius di Indonesia, khususnya di kalangan mahasiswa perguruan tinggi. Kasus pelecehan seksual yang terjadi umumnya disebabkan oleh relasi kuasa yang ada di dalam lingkungan kampus. Oleh karena itu, program kerja APH sangat penting untuk dilakukan, mengingat bahwa kasus kekerasan seksual dapat berdampak buruk pada korban, baik secara fisik maupun psikologis.

Program kerja APH dilaksanakan dengan cara menyelenggarakan sosialisasi mengenai tata cara pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Dalam kegiatan ini, HIMA D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga bekerja sama dengan tim Pusat Pelayanan Kesehatan Seksual dan Reproduksi (PPKS) Universitas Airlangga sebagai pembicara yang membahas mengenai penanganan dan pencegahan kekerasan seksual.

Melalui program kerja APH, mahasiswa D-III Keperawatan diharapkan dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih lengkap tentang tata cara pencegahan dan penanganan kekerasan seksual. Dengan demikian, mahasiswa dapat lebih mudah untuk menghindari kekerasan seksual dan membantu korban yang mengalami kekerasan seksual.

Dalam kegiatan ini, HIMA D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga juga memperlihatkan kepeduliannya terhadap masalah kekerasan seksual yang sering terjadi di lingkungan kampus. Selain itu, program kerja APH ini juga dapat menjadi contoh bagi program kerja di perguruan tinggi lainnya untuk memperlihatkan kepedulian terhadap masalah kekerasan seksual dan meningkatkan kesadaran di kalangan mahasiswa.

Dalam pelaksanaannya, program kerja APH dapat dikembangkan lebih lanjut dengan mengadakan kegiatan sosialisasi lainnya seperti workshop, seminar, dan diskusi terkait masalah kekerasan seksual. Dengan demikian, mahasiswa D-III Keperawatan dapat memperoleh pengetahuan dan informasi yang lebih lengkap mengenai tata cara pencegahan dan penanganan kekerasan seksual.

Secara keseluruhan, program kerja APH yang diselenggarakan oleh HIMA D-III Keperawatan Fakultas Vokasi Universitas Airlangga merupakan salah satu upaya untuk mencegah dan menangani kasus kekerasan seksual yang sering terjadi di lingkungan universitas.

Penulis: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!