VOKASI UNAIR

KEGIATAN MAGANG DI SMP NEGERI 19 SURABAYA MEMBERIKAN KESAN YANG BAIK BAGI SISWA DAN MAHASISWA UNIVERSITAS AIRLANGGA

VOKASI NEWS – Magang merupakan kegiatan wajib yang harus dilakukan mahasiswa Universitas Airlangga prodi D3 Perpustakaan setelah melalui semester 5. Kegiatan ini sangat berpengaruh bagi para mahasiswa karena mereka diberikan kesempatan untuk terjun langsung ke lapangan sehingga mereka tahu kendala apa saja yang mereka temui, dan dari adanya kegiatan ini dapat memberikan gambaran bagi para mahasiswa bagaimana realite bekerja pada masa mendatang.

Pelaksanaan Magang

Adanya kegiatan magang ini mahasiswa D3 Perpustakaan diharapkan mampu memanfaatkan peluang ini dengan baik karena sudah diberikan kesempatan untuk melaksanakan magang. Keempat mahasiswa yang melaksanakan magang tersebut diantaranya Suhartika Fatma Mellyana, Mustika Kurniawati Putri, Thiesa Afifah Nur Rahma, dan Maulidiyah Rahmatillah. Mereka melakukan magang di Perpustakaan SMP Negeri 19 Surabaya. Selama 3 bulan sejak 09 Januari 2023 sampai dengan 06 April 2023 pelaksanaan magang di SMP Negeri 19 Surabaya.

Rutinitas Magang

Pada saat pelaksanaan magang banyak kegiatan yang dilakukan dan perpustakaan mengalami perubahan dalam pelayanan sirkulasi, yang awalnya menggunakan sistem manual kini berubah menjadi peminjaman melalui komputer dengan aplikasi SLIMs.

Nobar Film Pendek

Terdapat kegiatan rutin lainnya seperti menonton film pendek bersama di perpustakaan satu minggu sekali yang diadakan setiap hari kamis. Kegiatan ini bertujuan agar para siswa banyak yang tertarik untuk datang ke perpustakaan dan juga untuk menambahkan minat literasi siswa pada era literasi digital saat ini.

Siswa SMP Negeri 19 Surabaya sedang melakukan kegiatan menonton film bersama di Perpustakan

Setiap minggu, film yang kami tayangkan berbeda-beda agar siswa-siswi tidak kebosanan saat menonton film dan kami juga menyediakan hadiah kecil setiap minggunya setelah selesai menonton film yang berupa makanan dan minuman ringan untuk memberikan motivasi mereka agar mau untuk maju ke depan menjawab pertanyaan yang kami berikan.

Kunjungan Komisi x DPR RI dan Perpusnas

Disamping kegiatan tersebut perpustakaan SMP NEGERI 19 SURABAYA pada Hari Jum’at, 17 Februari 2023, terdapat kunjungan dari Komisi x DPR RI H. Dede Yusuf Macan Effendi, Retno Dwi Cahyanti, Lis Anisa, Nurdin, Khaerul Anam, Aang, Balggys, dan Perwakilan dari PERPUSNAS RI (Perpustakaan Nasional Republik Indonesia) Supriyanto, Iwan Ardiansyah, Ardie, melakukan kunjungan ke Perpustakaan SMP Negeri 19 Surabaya.

Guru dan siswa SMP Negeri 19 Surabaya serta mahasiswa Universitas Airlangga melakukan foto bersama dengan Pak Supriyanto

Kunjungan Komisi x DPR RI dan Perwakilan PERPUSNAS ini adalah untuk melihat situasi dan kondisi perpustakaan, progress perpustakaan tentang perpustakaan digital, memberikan saran dan membina ke pustakawan perpustakaan SMP Negeri 19 Surabaya.

Teenland Story

Kegiatan yang terakhir mahasiswa magang melakukan kegiatan lainnya yang melibatkan para siswa SMP Negeri 19 Surabaya adalah para mahasiswa magang tersebut mengadakan lomba Story Telling yang bernama Teenland Story dengan tema “Cerita Rakyat”yang wajib diikuti oleh siswa kelas 7 dan 8.

Lomba tersebut diadakan pada bulan februari, tepatnya tanggal 13 Maret – 31 Maret untuk registrasi dan pengumpulan video pada link yang disediakan, kemudian ditanggal 3 April diumumkan pemenang lomba tersebut yang hanya kami pilih 5 besar saja.

Tujuan Teendland Story

Siswa-siswi SMP Negeri 19 Surabaya sedang membaca dan memilah buku pada acara bazar buku

Tujuan dari lomba Story Telling tersebut agar siswa SMP Negeri 19 Surabaya dapat meningkatkan minat dan budaya membaca, meningkatkan keterampilan dalam berkomunikasi, tulisan, dan juga dapat memahami alur cerita yang akan diceritakan kembali.

Selain kegiatan diatas, terdapat juga kegiatan lain yaitu kegiatan literasi pojok baca, bazar buku, promosi perpustakaan melalui media sosial Instagram. Tujuan adanya kegiatan tersebut agar para pemustaka dapat meningkatkan minat baca dan meningkatkan pengunjung pada perpustakaan oleh siswa SMP Negeri 19 Surabaya.

Penulis: Suhartika Fatma Mellyana, Mustika Kurniawati Putri, Maulidiyah Rahmatillah, dan Thiesa Afifah Nur Rahma

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!