VOKASI UNAIR

Meningkatkan Kompetensi Mahasiswa D3 Perpustakaan Melalui Magang di Perpustakaan MI Pembangunan Sidomukti Lamongan

Foto Bersama

VOKASI NEWS – Magang merupakan salah satu kegiatan yang wajib ditempuh oleh mahasiswa D3 Perpustakaan Universitas Airlangga sebagai syarat kelulusan. Magang merupakan proses penerapan ilmu yang diperoleh selama menjalani perkuliahan yang dilakukan untuk mendapatkan pengalaman dan pemahaman sistem kerja profesional yang sesungguhnya.

Begitu pula dengan Alifatus Mariska, mahasiswa D3 Perpustakaan yang berhasil menyelesaikan magang di Perpustaakaan MI Pembangunan Sidomukti Lamongan pada 2 Januari 2023 hingga 31 Maret 2023.

MI Pembangunan adalah sekolah yang berada dibawah naungan Lembaga Pendidikan Ma’arif NU Kabupaten Lamongan. Sekolah ini terletak di Dusun Kucur Desa Sidomukti Kecamatan Lamongan Kabupaten Lamongan.

Dalam pelaksanaan kegiatan magang berlangsung, penulis berhasil melakukan beberapa kegiatan terkait klasifikasi, penempelan label koleksi, pembuatan sistem informasi berbasis Inlislite.

Pada minggu pertama, penulis melakukan kegiatan klasifikasi ulang koleksi. Mengingat di perpustakaan MI Pembangunan ini masih belum terklasifikasi sesuai dengan DDC (Dewey Decimal Classification) melainkan masih mengelompokkan sesuai jenis bacaan koleksi sehingga perlu dilakukannya klasifikasi ulang. Tujuannya yakni untuk memudahkan peletakan koleksi di rak menurut klasifikasi DDC mulai dari 000 hingga 900.

Setelah melakukan klasifikasi koleksi, penulis mulai membuat label koleksi untuk ditempelkan pada punggung bawah koleksi. Dialnjutkan dengan melakukan download dan install Inlislite yang merupakan produk utama dalam magang di perpustakaan MI Pembangunan atas permintaan dari kepala perpustakaan untuk memudahkan administrasi dan pengelolaan perpustakaan tersebut.

Inlislite merupakan salah satu perangkat lunak program aplikasi yang memiliki fungsi sebagai sarana pengelolaan data perpustakaan berbasis teknologi informasi dan komunikasi yang dikenbangkan Perpustakaan Nasional Republik Indonesia (Perpusnas). Tujuannya untuk menghimpun koleksi nasional dalam jejaring Perpustakaan Digital Nasional Indonesia serta membantu perpustakaan dalam pengelolaan data dan pelayanan perpustakaan yang berbasis teknologi informasi dan komunikasi di seluruh indonesia.

Alifatus Mariska melakukan pembuatan sistem informasi Inlislite dalam rangka menciptakan perpustakaan digital Perpustakaan MI Pembangunan. Dalam magangnya, ia selesai mengentri koleksi sejumlah 658 judul 1688 eksemplar dan 186 anggota perpustakaan.

Penulis : Alifatus Mariska

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!