VOKASI UNAIR

Kegiatan Magang Di Perpustakaan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur Dapat Menjadi Wadah Bagi Mahasiswa D-III Perpustakaan Dalam Meningkatkan Kinerja Perpustakaan yang Lebih Aktif

VOKASI NEWS – Magang merupakan sebuah program wajib program studi sebagai usaha untuk memenuhi kualifikasi yang diinginkan lapangan kerja nantinya dan untuk menghasilkan tenaga-tenaga yang ahli. Oleh sebab itu, 4 mahasiswa D-III Perpustakaan Universitas Airlangga yang terdapat dalam foto diatas dengan tampak dari sisi kanan ada Marchellina Eka Budiarti, Alvira Indah Cahyani, Tazkiya Aulia Nabilla dan Savira Putri Khumairoh beserta Bu Oktavia Siti Rochani selaku pustakawan. Mahasiswa tersebut berkesempatan untuk melaksanakan program magang di Perpustakaan Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur selama 3 bulan dimulai dari tanggal 10 Januari 2023 hingga 10 April 2023.

Semua mahasiswa disambut baik oleh Kepala Bagian Umum Bapak Danu Ardhiarso, S.STP dan Bapak Bambang Sriyadi selaku pegawai bagian Tata Usaha dan Kepegawaian.  Mahasiswa diberikan arahan langsung oleh Bu Oktavia Siti Rochani, A.Md selaku pustakawan dan penanggung jawab perpustakaan tersebut sekaligus menjadi pembimbing di tempat magang.

Perpustakaan Sekretariat DPRD Jatim

Kegiatan magang tersebut memberikan banyak manfaat bagi mahasiswa, salah satunya dapat meningkatkan softskill dan hardskill mahasiswa. Kinerja mahasiswa juga menghasilkan tujuan untuk perpustakaan yang lebih aktif lagi, sehingga perpustakaan dapat lebih bermanfaat untuk anggota DPRD dan Staff Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur karena sudah seharusnya perpustakaan memberikan kualitas layanan yang baik.

Kegiatan magang yang dilakukan selama periode waktu 3 bulan dapat dimanfaatkan mahasiswa untuk meningkatkan kinerja perpustakaan melalui beberapa program kerja yang akan dibuat. Mahasiswa mengimplementasikan keterampilan dengan melakukan kegiatan magang yang diantaranya: klasifikasi, entri data koleksi, inventarisasi, labelling dan penjajaran koleksi. Dari segi koleksi, perpustakaan memiliki banyak koleksi dari kelas 000-900 yang cukup lengkap sebagai bahan referensi. Fasilitas yang dimiliki cukup memadai untuk menunjang proses pekerjaan di perpustakaan karena terdapat perlengkapan alat komputer yang dapat digunakan untuk melakukan input buku di InlisLite.

Kegiatan Labeling Pada Buku

Penjajaran Koleksi

Stempel Pada Buku

Inventaris

Pada Perpustakaan Sekertariat DPRD Provinsi Jawa Timur telah memanfaatkan penggunaan aplikasi InlisLite sebagai penyelenggara pengelolahan perpustakaan yang berbasis sistem otomasi perpustakaan. Tujuan penggunaan InlisLite dapat memudahkan pustakawan dan mahasiswa dalam proses kinerja pengolahan koleksi sehingga kegiatan pengolahan, pengadaan, peminjaman dan pengembalian koleksi tidak lagi dijalankan secara manual.

Diluar dari kegiatan, mahasiswa mengikuti kegiatan lainnya yaitu kegiatan Rapat Paripurna DPRD yang dipimpin oleh pimpinan DPRD dan diikuti oleh anggota DPRD beserta Staff Sekretariat DPRD Provinsi Jawa Timur. Rapat Paripurna dilakukan secara terbuka dan dapat diliput oleh wartawan. Rapat ini membahas tentang kinerja DPRD Provinsi Jawa Timur secara berkala dan membahas tentang bagaimana perkembangan Provinsi Jawa Timur kedepannya.

Rapat Paripurna tanggal 16 Januari 2023

Penulis: Marchellina Eka Budiarti, Alvira Indah Cahyani, Savira Putri Khumairoh, dan Tazkiya Aulia Nabilla

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!