VOKASI UNAIR

Tips Sukses Kuliah Online di Vokasi Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Kuliah online atau dalam bahasa baku disebut dengan daring juga bak koin yang memiliki dua sisi yang berbeda dimana mahasiswa juga merasakan dampak baik dan buruknya. Biasanya kuliah online memang lebih fleksibel dan hanya tinggal duduk ditempat yang sesuai dan mendengarkan materi yang diajarkan.

Dunia berubah dengan sangat cepat seiring dengan perkembangan zaman dan tuntutan modernisasi hingga di era saat ini, semua sektor bergerak secara dinamis dan bisa dilakukan serta diakses dimana saja dan kapan saja. Perkembangan teknologi menuntun manusia untuk dapat mencapai hal tersebut dengan adanya penyedia jasa pertemuan jarak jauh seperti Skype, dan Zoom. Hal tersebut juga terjadi pada kehidupan perkuliahan di Fakultas VokasiĀ  Universitas Airlangga. Yang pada awalnya merupakan alternatif selama masa pandemi yang kini menjadi tren dalam solusi perkuliahan dengan lebih fleksibel.

Meskipun begitu, banyak juga yang mengeluh bahwa kuliah online memberikan sensasi yang berbeda dengan luring dimana dapat bertatap wajah secara langsung dan materi yang diajarkan juga lebih mudah diserap. Untuk mengatasi hal tersebut, berikut hal yang dapat Voks lakukan untuk tetap sukses kuliah online di Vokasi Universitas Airlangga, disimak ya!.

baca juga: 10 Alasan Memilih Fakultas Vokasi Universitas Airlangga

Cari Tempat yang Nyaman

Cari tempat yang nyaman untuk melakukan kuliah online, seperti meja pribadi atau kafe, agar bisa menaikkan semangat dan mood kamu dalam berkuliah. Setiap orang memiliki preferensi tempat yang berbeda-beda, jadi pastikan kamu mencari tempat yang nyaman dan menaikkan semangat belajarmu.

Persiapkan Alat Tulis

Persiapkan buku catatan atau note selama berkuliah agar bisa mencatat pemaparan dosen dan materi yang terkait dengan kuliah. Dalam kuliah online, kamu tidak bisa mengandalkan whiteboard atau powerpoint yang biasanya digunakan oleh dosen dalam kuliah tatap muka. Dengan mencatat materi yang diajarkan dan catatan-catatan penting, kamu bisa lebih mudah memahami materi yang disampaikan dan mempersiapkan diri untuk ujian.

Lakukan Istirahat Sejenak

Lakukan peregangan dan istirahat sejenak untuk merilekskan pikiran dan badan dan menghindari gangguan yang diakibatkan gerakan yang tetap dalam waktu yang lama. Saat kamu berkuliah online, kamu cenderung duduk di depan layar komputer atau laptop untuk waktu yang lama. Ini bisa mempengaruhi kesehatanmu dan menurunkan produktivitasmu. Dengan melakukan peregangan dan mengambil istirahat sejenak, kamu bisa merilekskan pikiran dan badan dan kembali fokus pada perkuliahanmu.

Aktif Saat Kelas Daring

Turut serta dalam diskusi dan memberikan topik yang selaras dengan materi yang diajarkan, agar bisa menambah value selama kuliah. Dalam kuliah online, kamu bisa berpartisipasi dalam diskusi dan bertanya langsung kepada dosen atau teman sekelas melalui komentar atau fitur chat. Pastikan kamu aktif dalam kelas daring dan memberikan tanggapan yang relevan dan bermanfaat untuk meningkatkan pemahamanmu terhadap materi.

Hindari Kebiasaan Buruk

Hindari kebiasaan menunda pekerjaan, karena meskipun kuliah online sangat fleksibel, kita tetap harus mengukur waktu untuk mengerjakan tugas dan mengikuti perkuliahan dengan baik. Terkadang, mahasiswa yang berkuliah online cenderung menunda pekerjaan hingga mendekati batas waktu pengumpulan tugas atau ujian. Ini bisa merugikan kamu, dan membuat kamu kesulitan dalam menyelesaikan tugas dan mengikuti perkuliahan dengan baik. Oleh karena itu, pastikan kamu mengatur waktu dengan baik dan menyelesaikan pekerjaan tepat waktu.

Dengan menerapkan lima tips di atas, kamu bisa tetap semangat dan sukses dalam kuliah online di Vokasi Universitas Airlangga. Ingatlah selalu untuk mencari tempat yang nyaman, mempersiapkan alat tulis, meluangkan waktu untuk istirahat, aktif dalam kelas daring, dan menghindari kebiasaan menunda pekerjaan. Semoga tips ini bermanfaat bagi keberhasilanmu dalam kuliah online.

Penulis : Axa Yuliananta Pramoedyo

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!