VOKASI UNAIR

10 Alasan Mengapa Memilih Vokasi Universitas Airlangga

VOKASI NEWS – Mungkin sebagian dari teman-teman tak asing lagi mendengar istilah sarjana dan vokasi.Ya, benar sekali, keduanya merupakan program pendidikan tinggi yang ada di Indonesia. Adapun perbedaan mendasar antara keduanya bisa dilihat salah satunya dari komposisi kurikulum yang digunakan, yang mana pada program sarjana menerapkan 60% teori dan 40% praktik.Sedangkan program vokasi sebaliknya, yakni 60% praktik dan 40% teori.

Menariknya, selain program sarjana, Universitas Airlangga juga menawarkan program vokasi yang telah berjalan sejak 2014 lalu dan merupakan Fakultas Ke-14. Fakultas Vokasi berdiri guna memfasilitasi mahasiswa yang tertarik pada sistem pembelajaran yang lebih dominan pada praktikum dibandingkan dengan teoritisnya. Ada banyak sekali alasan mengapa kalian harus memilih Vokasi Unair. Penasaran kalian apa saja alasannya? Yuk simak rangkuman berikut!

Bisa Mendaftar Pada Jalur SNBT

Pada tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Vokasi hanya membuka pendaftaran di jalur Mandiria, namun kabar baiknya mulai tahun ini, kalian bisa mendaftar di Fakultas Vokasi pada jalur SNBT atau Seleksi Nasional Berbasis Tes. Kalian bisa menjadikan Fakultas Vokasi sebagai pilihan kalian, yang menjanjikan kompetensi melalui sistem praktikum yang lebih dominan. 

baca juga: UTBK-SNBT Universitas Airlangga 2023

Berada Dibawah Naungan Kampus Top 4 Nasional dan 369 Internasional

Berdasarkan The Worlds University Rankings (WUR), Universitas Airlangga berada di urutan keempat Perguruan Tinggi Terbaik Nasional dan berada di peringkat 369 Internasional. Oleh karena itu, hal tersebut dapat menjadi suatu kebanggaan bagi kita semua dan prospek kerja yang akan didapatkan akan lebih luas.

Program Studi yang Sangat Beragam

Fakultas Vokasi Universitas Airlangga terdiri dari 3 departemen yang dinaungi, yakni Departemen Teknik, Departemen Kesehatan, serta Departemen Bisnis. Dari 3 Departemen tersebut, terdapat berbagai Program Studi yang beragam dan sesuai dengan ranahnya masing-masing. Untuk kalian calon mahasiswa Vokasi Unair tak perlu risau, karena disini kalian akan bebas memilih program studi yang cocok dengan passion yang kalian miliki.

Akreditasi Program Studi

Untuk kalian yang masih ragu dan bimbang dengan akreditasi Program Studi yang ada di Fakultas Vokasi Unair, tenang saja, hampir semua Program Studi telah terakreditasi A. Jadi, tidak diragukan lagi kualitasnya.

Jenjang Program Studi

Di tahun-tahun sebelumnya, Fakultas Vokasi terdiri dari 2 jenjang Diploma, yaitu Diploma III dan Diploma IV. Sesuai dengan angkanya, Diploma III ditempuh dalam kurun waktu 3 tahun dan lulusannya akan mendapatkan gelar A.Md atau Ahli Madya. Sedangkan untuk Program Diploma IV ditempuh dalam waktu 4 tahun da setara dengan Program Sarjana. Lulusan Diploma IV akan mendapatkan gelar S.Tr atau Sarjana Terapan. Namun beberapa waktu terakhir, sebagian besar Program Studi telah melakukan transformasi dari jenjang Diploma III ke Diploma IV, yang artinya setelah lulus, peluang untuk masuk ke dunia industri akan lebih besar.

Dosen yang Mumpuni

Di Fakultas Vokasi Universitas Airlanggga, kalian akan bertemu dengan dosen-dosen hebat yang akan mentransfer ilmunya pada kalian dengan senang hati. Kalian bisa sharing dan berdiskusi tentang materi perkuliahan yang belum kalian pahami dengan mudah.

Banyak Wadah Untuk Meningkatkan Produktifitas

Jika kalian bingung dan merasa kurang memiliki kesibukan, tenang saja, di Fakultas Vokasi banyak sekali kegiatan-kegiatan menarik yang bisa kamu ikuti. Mulai dari magang BEM Fakultas, Unit Kegiatan Fakultas, bahkan kalian juga bisa menjadi bagian dari Tim Branding Fakultas lho!!

Fasilitas yang Memadai

Untuk fasilitas tak perlu diragukan lagi. Fakultas Vokasi Unair memiliki 3 gedung kuliah lho! Selain itu juga ada Co-Working Space yang bisa digunakan mahasiswa untuk mengerjakan tugas kuliah atau sekedar duduk santai rehat dari perkuliahan. Fasilitas lainnya juga terdapat buggy car yang bisa mengantarkan kalian ke gedung kuliah atau sekedar ikut untuk keliling kampus yang dikhususkan untuk menunjang kebutuhan mahasiswa.

PKL dan Magang

Di Fakultas Vokasi, kalian akan mendapatkan experience menarik yaitu dengan mengikuti PKL dan Magang sesuai dengan ketentuan program studi masing-masing. Sehingga, kalian bisa lebih siap untuk menghadapi dunia kerja nantinya.

Program Kampus Merdeka

Sebagai mahasiswa Fakultas Vokasi Universitas Airlangga, kalian akan memiliki kesempatan yang sama untuk mengikuti berbagai program dari Kampus Merdeka yang digagas oleh Kemendikbudristek. Adapun beberapa diantaranya seperti program Kampus Mengajar, Pertukaran Mahasiswa Merdeka,  Magang Bersertifikat, dan Studi Independen.

Cari tau juga tentang Program MSIB

Secara garis besar, Fakultas Vokasi sangat menjanjikan prospek kerja yang sangat luas, karena telah dibekali dengan berbagai experience melalui beberapa program yang ada didalamnya. Setelah mengetahui berbagai keunggulan Fakultas Vokasi Unair, gimana nih voks, tertarik untuk daftar Fakultas Vokasi? Buang keraguan kalian dan kami tunggu kalian di Fakultas Vokasi!!

Penulis : Aisyatul Wahdaniyah

Editor: Muhammad Duiqi Alfiansyah

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!