VOKASI UNAIR

Tingkatkan Jiwa Kewirausahaan, HIMARO Gelar CRANIAL 2023

Pemaparan materi oleh kak Amalia

VOKASI NEWS – (03/06/2023) Himpunan Mahasiswa Radiologi (HIMARO) Fakultas Vokasi UNAIR menggelar webinar kewirausahaan bertajuk CRANIAL (Creativepreneur Radiology for Millennial Era) 2023. Tahun ini, CRANIAL mengusung tema “Targeting the Right Entrepreneurial Oppurtunities in Millennial Generation” yang dilaksanakan secara daring menggunakan aplikasi Zoom Meeting.

Webinar CRANIAL merupakan salah satu Program Kerja dari Divisi Kewirausahaan HIMA Radiologi UNAIR yang bertujuan untuk menumbuhkan jiwa entrepreneur mahasiswa.

Dalam kegiatan ini turut hadir Dr. Tika Widiastuti S.E,. M.Si, selaku Wakil Dekan I Fakultas Vokasi. Dalam sambutannya, beliau berharap dengan adanya webinar ini peserta khususnya mahasiswa Teknologi Radiologi Pencitraan dapat memulai terjun ke dunia wirausaha.

Sharing Ilmu Berwirausaha

Amelia Puspa Ranti S.Tr. Kes salah satu narasumber dan owner DIY Murah mengungkapkan bahwa ada beberapa tips dalam menemukann ide wirausaha yakni pengalaman, hobi, pengamatan, brainstorming ide yang sudah ada, serta ide yang muncul untuk membantu orang lain.

“Usaha DIY Murah ini awalnya terpikirkan karena masyarakat sulit mendapatkan bahan – bahan hiasan seperti bunga kering” ungkap Amelia .

Dalam pemaparan materinya, Amelia juga menjelaskan bahwa dalam dunia bisnis perlu pemikiran menyeluruh di segala sektor, mulai dari produksi, hingga penjualannya. Ia mengungkapkan dalam berwirausaha faktor kemasan, logo, penamaan produk sangat penting diperhatikan mengingat hal tersebut dapat membranding produk itu sendiri.  Selain itu, wirausahawan harus memiliki komitmen yang tinggi dalam merintis usaha.

Tips Memulai Usaha Bagi Mahasiswa

Widyah Puspitasari S.Si selaku narasumber kedua, juga memberikan tips bagi mahasiswa untuk memulai bisnis. Mulai dari tips riset pasar, target pasar hingga startegi marketing. Ia juga mengungkapkan dalam mengembangkan bisnisnya ia menggunakan starategi usaha yakni SMART (specific, measurable, achievable, relevant and time based).

Di kesempatan tersebut, Widyah menjelaskan bahwasanya di Universitas Airlangga sendiri telah mempunyai program kewirausahaan yang membantu mahasiswa dalam merealisasikan usahanya.

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!