VOKASI UNAIR

PENTING ! Trend Bisnis Di Era Digital Yang Harus Kamu Ketahui

Pentingnya planning bisnis di era digital

VOKASI NEWS – Bisnis di era digital sekarang ini, banyak perubahan yang telah terjadi dan berdampak multidimensional. Salah satu perubahan yang mendasar adalah dalam bidang bisnis. Jadi, dapat disimpulkan bahwa perkembangan bisnis dengan adanya internet dapat berkembang pesat. Berpijak pada peluang tersebut dapat diambil dari bisnis. Mulai dari konsep, metode, pola pikir serta dilandasi penguasaan teknologi informasi dengan e-commerce dan e-business. Bisnis digital berbasis teknologi informasi telah melahirkan paradigma bisnis baru dengan modal inovatif dan kreatif.

Pentingnya Strategi Bisnis

Membangun sebuah bisnis tidaklah mudah bagi seorang pemula. Namun, untuk mempertahankan sebuah bisnis agar tetap menguntungkan, tidak semua orang juga dapat melakukannya. Seperti yang kita ketahui sendiri banyak pebisnis yang gulung tikar karena modal yang tidak kembali atau bisa dikatakan merugi. Untuk itu, bagi pebisnis senior atau pemula harus merencanakan strategi yang tepat.

Mendapatkan sebuah keuntungan merupakan salah satu keinginan maupun tujuan dari seseorang yang ingin membuka atau menjalankan sebuah bisnis. Sebuah bisnis tentu dapat berkembang apabila mulai dari awal sudah dipersiapkan secara matang. Nah, pentingnya perencanaan bisnis menjadikan hal utama yang harus bisnis anda lakukan agar tetap bertahan di tengah persaingan yang ketat ataupun trend bisnis yang inovatif terus berkembang mengikuti perubahan di era digital ini. Hal ini merupakan sebuah tantangan yang nyata dalam dunia persaingan bisnis.

Pebisnis dapat dikatakan sebagai salah satu profesi yang lengkap, dikarenakan harus mampu berpikir kreatif dan inovatif dalam membuat strategi. Hampir semua pengusaha ataupun pebisnis mulai menggunakan digital untuk memasarkan produknya. Mulai dari branding, pemasaran, riset pasar, serta distribusi produk. Era digital sendiri merupakan sebuah media baru yang dapat melakukan perubahan terhadap kecepatan menerima informasi. Tak heran jika ada tuntutan adanya perubahan di bidang lain. Dampak besar dari adanya akses internet dalam dunia bisnis yang dimana dulunya kegiatan ekonomi yang rumit dengan banyak proses, sekarang terangkum menjadi satu dalam gadget. Perubahan tersebut juga menjadi tantangan pebisnis pemula dan antusisme pengusaha bisnis lainnya.

Pergerakan bisnis yang cepat dapat menghasilkan keuntungan yang besar. Inovatif dan kreatif menjadikan kualitas dalam usaha bisnis tersebut. Berikut ini merupakan beberapa trend digital yang harus kamu ketahui :

1. Aplikasi Mobile

Di era digital ini aplikasi mobile serta game memiliki kesempatan yang besar dalam meramaikan aplikasi gadget dengan berbagai karya sehingga tak heran jika banyak orang mulai memanfaatkan sebagai peluang bisnis ini apalagi dalam bidang IT.

2. Marketplace

Marketplace merupakan salah satu ecommerce yang dimana berfungsi sebagai perantara penjual serta pembeli. Penjual yang berdagang akan hanya melayani pembelian, karena semua aktivitas pengelolaan website telah diurus oleh platform tersebut.

3. Web Developer

Di era digital ini semua orang banyak menggunakan internet. Web developer tidak kalah menjajikan sebagai peluang besar bisnis anda. Ketika menekuni bisnis ini. Sebuah market usaha yang luas karena hampir semua perusahaan membutuhkannya.

Agile competition yaitu kemampuan perusahaan untuk beroperasi mendapatkan keuntungan  dalam lingkungan kompetitif yang mencakup perubahan preferensi pelanggan, riset pasar, dan kesempatan bisnis yang berlangsung terus menerus. Hambatan utama dari Agile competition sendiri yakni arus informasi internal maupun antar perusahaan. Dan tidak kalah berharganya dengan kemasan informasi, penyedia akses ke informasi, serta penyediaan tools.

Penulis : Thania Salsabila

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!