VOKASI UNAIR

HIMA BATTRA Berkolaborasi dengan 4 Universitas Sukses Gelar Pengmas Nasional 2023 Memperingati Hari Jamu Nasional di Desa Sedapurklagen Gresik

Foto bersama setelah kegiatan Pengmas di Gresik

VOKASI NEWS – (27/05/2023) Tepat tanggal ini merupakan peringatan Hari Jamu Nasional, Himpunan Mahasiswa (Hima) Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi menggelar kegiatan Pengabdian Masyarakat Nasional yang berkolaborasi dengan 4 universitas lainnya yang tergabung dalam organisasi Perkumpulan Pendidikan Tinggi Kesehatan Tradisional Indonesia (PPTKTI). Antara lain : IIK Bhakti Wiyata, Poltekkes Surakarta, Universitas Negeri Yogyakarta, dan Universitas Hindu Indonesia. Kegiatan dilaksanakan di Desa Sedapurklagen, Kecamatan Benjeng, Gresik, Jawa Timur.

Pengabdian masyarakat (Pengmas) kali ini mengusung tema Upaya Promotif, Preventif, dan Rehabilitatif Musculoskeletal Disorders melalui Pendekatan Pengobatan Tradisional Terhadap Masyarakat. Kegiatan dimulai dengan pemberian materi akupuntur dan akupresur sebagai penanganan musculoskeletal disorders yang disampaikan oleh Ibu Maya Septriana, S.Si., Apt., M.Si. selaku dosen Prodi Pengobat Tradisional Fakultas Vokasi Universitas Airlangga. Pada sesi berikutnya dilanjutkan dengan workshop jamu, kegiatan ini dipandu oleh Ibu Sunarmi, S. Kep., M.Si. selaku dosen Prodi Jamu Poltekkes Surakarta. Beliau memaparkan beberapa bahan tanaman herbal yang dapat dimanfaatkan untuk membantu mengurangi gangguan musculoskeletal disorders. Cara pembuatan jamu juga langsung dipraktikkan di tempat oleh mahasiswa dari Poltekkes Surakarta. Selain pembuatan jamu, pemateri juga memberikan materi mengenai pembuatan lulur boreh yang mampu memberikan efek hangat pada tubuh.

Setelah selesai mendapatkan edukasi dari kedua materi, warga diberikan kesempatan untuk melakukan terapi akupuntur dan akupresur yang sudah disiapkan oleh panitia dengan nakestrad dari mahasiswa Battra Unair dan juga IIK Bhakti Wiyata.

Kegiatan terlaksana dengan lancar dan warga merasa sangat terbantu dengan adanya pengmas ini. Oleh karena itu, kami berharap semoga kegiatan ini dapat berlanjut agar senantiasa dapat meningkatkan preventif dalam bidang battra. Hal ini sesuai dengan apa yang disampaikan oleh Wadek I Fakultas Vokasi Universitas Airlangga dalam sambutannya, yaitu dengan adanya kegiatan ini harapannya dapat meningkatkan pengetahuan mengenai pentingnya jamu dan pentingnya pengobatan tradisional.

Penulis : Aulia Tirta Nirmalasari

Editor : Saka Wandhana

Share Media Sosmed

Pilihan Kategori

Name Link
Form permohonan peliputan, publikasi dan penerbitan
Panduan Prosedur Peliputan
Panduan Penulisan Artikel

Pastikan karya kamu sesuai panduan yang ada ya voks, tetap semangat!